detikHot

music

Ikut Turun ke Jalan, Cholil 'ERK' Soroti Persoalan RUU

Kamis, 26 Sep 2019 09:08 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Halaman 1 dari 2
Ikut Turun ke Jalan, Cholil ERK Soroti Persoalan RUU Foto: Cholil Mahmud di KPK / Ismail
Jakarta -

Musisi Cholil Mahmud ikut turun ke jalan dalam aksi mahasiswa pada 24 September 2019. Ia pergi ke Gedung DPR/MPR bersama teman-temannya sesama personel Efek Rumah Kaca (ERK) dan Kios Ojo Keos.

Ia mengatakan, dirinya dan teman-teman di ERK memiliki kegelisahan yang sama mengenai revisi dan rancangan Undang-Undang yang memiliki potensi untuk merugikan rakyat.

"Kami turun ke jalan karena sesuai sama pesan yang diusung mahasiswa. Mahasiswa semua pesannya rata-rata sama, kalau pun ada yang beda, ya beda-beda tipislah," ujarnya melalui sambungan telepon kepada detikcom.


Ada sejumlah tuntutan yang diminta oleh para mahasiswa dan aktivis yang turun ke jalan. Di antaranya mengenai sejumlah Undang-Undang yang dianggap dapat mencederai kebebasan berpendapat dan memanjakan koruptor.

"(Pesannya) tentang KUHP dan RUU-RUU lain yang benar-benar mencederai kepercayaan masyarakat tapi justru dikebut di masa-masa akhir periode (2014-2019)," tutur Cholil lagi.



Menurut Cholil, hampir semua permasalahan dalam Undang-Undang perlu untuk dibahas kembali sebab hal itu akan melibatkan hajat hidup orang banyak yang diatur di dalamnya.

(srs/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com