detikHot

music

Glenn Fredly Anggap Polemik RUU Musik Jadi Jalan Perbaikan

Senin, 24 Jun 2019 17:42 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Ismail/detikHOT Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Setelah melalui berbagai polemik serta pro dan kontra, Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan akhirnya dicabut dari Prolegnas Prioritas 2019.

Menurut musisi Glenn Fredly, ini saatnya untuk tidak lagi memperdebatkan masalah RUU tersebut. Akan tetapi, harus ada wacana baru yang mulai digulirkan, yakni pembahasan menganai kelanjutan setelah RUU itu dicabut.

Glenn juga menilai, momentum polemik RUU Permusikan itu bisa digunakan untuk menyadarkan semua pihak bahwa masih ada persoalan di industri musik, di antaranya mengenai perihal tata kelola.



"Artinya sekarang sudah bukan bicara soal tolak dan revisi (RUU) lagi, tapi ini bicara tentang jalan baru untuk membenahi tata kelola industri musik, atau ekosistem industri musik Indonesia," ungkapnya usai diskusi yang berlangsung di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2019).

Pelantun 'Kasih Putih' itu berharap, dengan adanya persoalan tersebut, pihak yang berkepentingan dapat tergerak untuk ikut berperan dalam membenahi persoalan di dunia musik.

"Ini mendorong semua teman-teman yang memiliki kepedulian yang besar terhadap masa depan industri musik Indonesia ini jadi ya memang harus berperan aktif," tuturnya lagi.


Video: Musisi Siap Bentuk Organisasi Baru, KNTL RUUP Akan Dibubarkan

[Gambas:Video 20detik]



Sebelumnya, terjadi silang pendapat mengenai RUU Permusikan. Sebagian besar menolak adanya RUU tersebut, namun ada pula pihak yang setuju dengan catatan ada beberapa pasal yang harus direvisi.

Sejumlah musisi yang menolak bergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP). Mereka mengumpulkan tanda tangan dalam petisi yang mengungkapkan ketidaksetujuan pada RUU tersebut. Petisi tersebut ditandatangani oleh 313.000 orang.

Dalam Konferensi Meja Potlot yang berlangsung di Potlot, Jakarta Selatan, Anang Hermansyah dari Komisi IX DPR RI akhirnya setuju untuk menarik kembali RUU yang diajukannya itu dari Prolegnas.
(kmb/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com