detikHot

music

Iwan Fals Bicara soal Menghidupkan Makna Damai di Balik Lagu

Jumat, 24 Mei 2019 13:35 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Iwan Fals. Foto: Dicky Ardian Iwan Fals. Foto: Dicky Ardian
Jakarta - Iwan Fals menjadi salah satu musisi yang terlibat dalam proyek lagu 'Indonesia Damai'. Ia mengatakan, saat ini ada banyak lagu yang bicara soal perdamaian. Hanya saja yang sulit adalah memaknai lagu tersebut dengan sungguh-sungguh.

"Lagu itu ada banyak sekali. Tapi untuk menghidupkan lagu itu yang sulit," ujar Iwan Fals saat ditemui di studio Musica, Pancoran, Jakarta Selatan.

Sebagai contoh, ia mengatakan saat ini ada banyak lagu yang bicara mengenai cinta. Namun tidak semua orang yang mendengarkan benar-benar mengamalkan saling mencintai dan mengasihi.

"Ada ribuan lagu tercipta dari kata 'cinta', tapi kita masih sulit untuk damai, sulit untuk cinta," katanya.



Menurutnya, apa yang terjadi pada bangsa Indonesia saat ini adalah pelajaran yang sangat penting. Ia juga mengajak para penggemarnya untuk bersama-sama mawas diri.

"Jadi harus diingetin (untuk damai). Mudah-mudahan bisa meredakan. Semoga Jokowi sebagai presiden bisa meredakan, Prabowo juga bisa menerima kenyataan. Itu kan pelajaran yang tidak ternilai," urainya.

Selain Iwan Fals, ada sejumlah musisi lainnya yang terlibat dalam penggarapan lagu 'Indonesia Damai'. Mereka adalah Ebiet G Ade, Giring, Vina Panduwinata, Titiek Puspa, Rian D'MASIV dan lain-lain.

(srs/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com