detikHot

music

Skena Metal Indonesia yang Semakin Mendunia

Jumat, 17 Mei 2019 20:56 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Hanif Hawari/detikHOT Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Belakangan, sejumlah band metal Indonesia mulai menjejakan kakinya di berbagai negara di belahan dunia.

Menurut pengamat musik dan manager Seringai, Wendi Putranto, hal itu dikarenakan saat ini akses untuk mendistribusikan musik ke mancanegara saat ini terbuka lebar.

Akses tersebut memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar skena metal antar satu negara dengan negara lainnya. Karena pertukaran informasi itu, Indonesia saat ini telah dikenal sebagai negara yang banyak memiliki band-band beraliran cadas.

"Memang nama Indonesia sudah mulai dikenal sebagai negara yang memproduksi band metal cukup besar dan sudah mulai kedengeran lah. Kaya band-band asing yang pernah tampil di indonesia, mereka dapat kabar dari band-band yang sudah pernah tampil sebelumnya. Mereka bilang, 'Saya dengar Indonesia scene musiknya berbahaya'," katanya.




Lebih lanjut, Wendi mengatakan bahwa pertukaran informasi tersebut terjadi pada antar musisi dalam komunitas metal.

"Jadi memang bisa dari rekomendasi dari band-band yang pernah main di Indonesia. Mereka bilang ke teman-temannya sesama anak band juga Itulah yang akhirnya terjadi, kaya semacam pertukaran budaya metal," jelasnya menambahkan.




Akan tetapi baginya, hal itu selain bisa menjadi kemudahan namun juga tantangan. Sebab, keterbukaan yang akses yang ada juga membuat banyak band-band potensial bermunculan.

"Cuma memang saking banyaknya materi musik yang ada, yang susah tuh mendapatkan perhatiannya dari penggemar musik karena banyak banget kan, kalau jaman sakarang bisa milih. Dan bagaimana mendapatkan perhatian dari pendengar musik metal ini lah kita ada strategi yg harus dikejar," urai Wendi.
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com