detikHot

music

Yura Yunita Belajar Bahasa Isyarat demi Video Lirik 'Merakit'

Jumat, 17 Mei 2019 13:31 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Yura Yunita di Java Jazz 2019 / Pradita Utama Foto: Yura Yunita di Java Jazz 2019 / Pradita Utama
Jakarta - Yura Yunita baru merilis video lirik dan bahasa isyarat lagu 'Merakit'. Dalam video itu, dirinya turut menampilkan Bunda Galuh, salah satu praktisi bahasa isyarat Indonesia.

Setelah melalui beberapa kali pertemuan dengan Yura Yunita, Bunda Galuh tertarik untuk menyebarkan pesan di lagu 'Merakit' kepada teman tuli. Pelantun 'Intuisi' itu setuju dan langsung mempelajari bahasa isyarat.

"Bunda Galuh membaca liriknya, kata Bunda, liriknya sangat powerful dan bunda sangat ingin teman-teman tuli merasakan betul lirik positif dari lagu merakit ini," ujar Yura Yunita saat ditemui di Hotel Shangri-La, Pejompongan, Jakarta Selatan belum lama ini.


"Gimana kalau misalnya kita bikin bahasa isyaratnya supaya teman-teman tuli bisa merasakan menikmati karya seni dengan cara yang belum pernah ada," sambungnya.

Proses pembuatan video lirik dan bahasa isyarat 'Merakit' pun dimulai. Yura Yunita mempelajari bahasa isyarat dengan Bunda Galuh dalam dua kali pertemuan.

"Bunda datang ke rumah aku dua kali, tapi seharian dirumah, Bunda kaget juga cepet banget, aku ngerasa dari situ tumbuh keberanian," kata Yura Yunita.


Bagi Yura Yunita, mempelajari bahasa isyarat sama seperti mengobrol dengan orang dari negara asing. Tak butuh waktu lama, Yura Yunita mulai terbiasa dengan bahasa isyarat dan menampilkannya dalam video lirik 'Merakit' yang telah rilis di YouTube channelnya.

"Ngobrol sama teman tuli itu butuh keberanian, akun gerasa kayak ngobrol sama teman yang berasal dari negara berbeda. Kayak ngobrol sama orang Belanda, awalnya enggak ngerti ngobrol apa, tapi terbiasa bertemu, terbiasa ngobrol, akan jadi ada satu frekuensi dan berkomunikasi," kata Yura Yunita.
(hnh/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com