detikHot

music

Ini Lagu yang Bikin Mega Makcik Gugat Elvy Sukaesih hingga Guling-guling di Pengadilan

Kamis, 25 Apr 2019 12:18 WIB Dicky Ardian - detikHot
Mega Makcik Foto: Veynindia Esaloni Pardede Mega Makcik Foto: Veynindia Esaloni Pardede
Jakarta - Tuduhan yang dilayangkan penyanyi asal Singapura, Mega Makcik ke Elvy Sukaesih terus berlanjut. Sengketa royalti itu seperti belum menemukan titik terang.

Sebelumnya, Mega Makcik memersalahkan lagu yang diklaim sebagai karyanya. Lagu itu berada di sebuah album. Elvy Sukaesih memberi judul 'Album Kompilasi Artis Single Hits Vol. 1' untuk album tersebut.

Dari tampak depan terlihat wajah Elvy Sukaesih yang hampir memenuhi sampul album itu. Tulisan besar Hj. Elvy Sukaesih juga terpampang jelas di cover CD tersebut. Masih dari tampak depan, album itu dijual seharga Rp 30 ribu perkeping.

Di bagian sebaliknya, terlihat 12 lagu yang disuguhkan album tersebut. Salah satunya memang terlihat lagu yang dibawakan Mega Makcik berjudul 'Lengket'.




Lagu tersebut berada di track 11. Dari keterangan yang ada, 'Lengket' merupakan lagu yang diciptakan Fanus Donda.

Di dunia maya, tidak banyak informasi yang bisa digali soal lagu tersebut. Begitu juga di YouTube, tidak ada video musik resmi dari Mega Makcik.

Bicara soal lirik, 'Lengket' merupakan lagu yang berisi soal kisah asmara. Mega Makcik mengisahkan seseorang yang sudah kadung jatuh cinta dan takut kehilangan orang yang dicintainya. Tidak mau biasa saja, 'Lengket' juga diwarnai unsur rap di dalamnya.

Dari dapur musik, lagu tersebut dibumbui dangdut modern. Pukulan gendang tidak lagi terdengar begitu tebal. Namun di beberapa momen, merdunya suling bambu tetap mendominasi.

[Gambas:Youtube]



Sebelumnya, gugatan dilayangkan Mega Makcik untuk Elvy Sukaesih dan label rekaman miliknya, EMMI Pro. Ia menyebut tidak mendapatkan royalti sama sekali atas perilisan 'Lengket' pada 2014.

Mega Makcik mengatakan album itu kini sudah terjual sebanyak 3 ribu kopi. Padahal, menurutnya, album tersebut belum diperbolehkan untuk dijual karena belum memiliki pajak. Namun diam-diam, Elvy Sukaesih telah menjualnya.

Video: Gugatan Terhadap Elvy Sukaesih Ditolak, Mega Makcik Guling-guling

[Gambas:Video 20detik]



Setahun berlalu, sidang atas gugatan yang dilayangkan oleh Mega Makcik ke Elvy Sukaesih mendapat jawaban. Majelis hakim menolak gugatan Mega Makcik.

Kasus dugaan wanprestasi atas royalti lagu 'Lengket' senilai Rp 2,5 miliar itu ditolak majelis hakim. Mendapatkan hal itu, Mega Makcik langsung tak terima.




Dalam video terlihat penyanyi asal Singapura itu duduk di lantai Pengadilan Negeri Jakarta Timur sambil menangis pada Rabu (24/4). Sejak awal persidangan, Elvy memang tak pernah datang.

"Saya cari keadilan. Saya terzolimi. Saya korban, semoga tidak ada lagi korban dari Emmi Pro itu. Saya tidak terima semua ini, jelas-jelas saya sudah bayar," tangis Mega Makcik.
(dar/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com