detikHot

music

Promosikan Musik Indie di Era Digital, Langit Musik Sasar Karya Musisi Lokal

Minggu, 31 Mar 2019 19:23 WIB Ristu Hanafi - detikHot
Foto: Festival Langit Musik (Ristu Hanafi/detikHOT) Foto: Festival Langit Musik (Ristu Hanafi/detikHOT)
Yogyakarta - Festival Langit Musik kembali digelar untuk mewadahi industri kreatif khususnya musik. Para musisi indie atau lokal, bisa mengunggah karyanya di aplikasi Langit Musik sehingga, bisa dinikmati pecinta musik secara luas melalui streaming atau live streaming.

Workshop dan festival Langit Musik digelar di Cafe LingLung Yogyakarta pada Jumat (29/3) yang dihadiri 100 musisi lokal. Dan dilanjutkan acara Festival Langit Musik di Jogja City Mall, Minggu (31/3). Festival ini menampilkan musisi indie dari Yogyakarta, seperti Scenario, Blacksky, Benharlem, Tiger Paw, Musisi Project Jogja, Korekayu, Dharma, Olsky, Baris Kata, 5 Second Rules dan Audire.

"Acara ini untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia untuk menjadi salah satu tonggak perekonomian nasional," kata Manager Digital Regional Telkomsel Expansion Jawa Tengah dan DIY, Agung Paty Lupinto, saat jumpa pers di Jogja City Mall (JCM), Minggu (31/3/2019).



Agung berharap masyarakat semakin peduli dengan ragam karya musisi lokal dan mendukung para musisi dengan menikmati musiknya secara legal.

Manager Digital Music Business Development, Agung Priyanto Dwi Nugroho menambahkan, karya musisi lokal tak sebatas grup band saja, tapi juga terbuka bagi semua musisi dan genre musik.

"Semua genre agar lebih dikenal penikmat musik secara luas," ujarnya.



Sejak tahun 2016, sudah sekitar 6 juta karya musisi lokal, nasional hingga mancanegara yang diupload di Langit Musik.

"35 persen musisi lokal, sehingga di era digital ini kami merangkul musisi lokal agar lebih bisa mempromosikan karyanya secara digital streaming maupun live streaming," terangnya.

"Karena kesulitan yang dihadapi musisi di daerah, karya mereka tak jarang susah dijual, bikin CD atau digital cukup ada kendala. Kami menjawab langsung, tidak melalui label, tidak melalui agregator, dan sharing profit nanti selain masuk Langit Musik juga dapat royalti dari setiap kali distreaming," pungkasnya.


(wes/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com