detikHot

music

Cerita Dewa Budjana Gandeng Personel Dream Theater-RHCP di Album Baru

Kamis, 21 Mar 2019 10:23 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Dewa Budjana Foto: Pradita Utama Dewa Budjana Foto: Pradita Utama
Jakarta - Ada sejumlah musisi mancanegara yang membantu Dewa Budjana dalam album 'Mahandini' (2018). Mereka antara lain adalah Jordan Rudess (kibordis dari Dream Theater), John Frusciante (gitaris Red Hot Chili Peppers) hingga Mike Stern (gitaris jazz asal Amerika Serikat).

Dalam sesi bedah album 'Mahandini' yang dipandu oleh Endah N Rhesa, Dewa Budjana bercerita mengenai bagaimana ia bertemu dengan para musisi mancanegara tersebut hingga bisa berkolaborasi bersama.

"Saya memang ingin mengajak rekaman pemain-pemain (musik) yang belum pernah diajak dan juga punya nama. Orang punya nama kan pasti punya kapasitas, jadi bukan hanya nama saja. Kalau dapat semuanya ya tinggal nerusin," ceritanya di Kios Ojo Keos, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).




Ia kemudian terpikir untuk meminta Jordan Rudess. Sebab, menurutnya, Dewa Budjana mengagumi karya-karya Rudess sebagai kibordis rock. Setelah mengirimkan surat elektronik, Dewa Budjana pun bertemu dengan Rudess saat Dream Theater manggung di Yogyakarta pada 2017 lalu.

"Aku diundang ke kamarnya, mereka nanya lagu apa ya yang bisa bikin orang-orang nyanyi, aku kasih tahu 'Gundul Gundul Pacul' makanya mereka mainin kan tuh. Waktu di sana akhirnya ngobrol konsepnya seperti apa, rekamannya ngambil Januari di Los Angeles," tuturnya.

Dewa Budjana bersama Endah N RhesaDewa Budjana bersama Endah N Rhesa Foto: Dyah Paramita Saraswati
Sedangkan pertemuannya dengan John Frusciante justru terjadi di Amerika Serikat. Budjana memang telah mengenal Frusciante sebelumnya.

"Iseng ngajak, 'Bisa bantu rekaman nggak'. Terus aku email-email-an, bahkan email-nya masih aku simpen beberapa hingga sekarang, musisi lainnya sudah terkumpul kan semuanya dan Frusciante genre-nya beda," ujar Budjana.

Selain Jordan Rudess dan John Frusciante, Dewa Budjana sekaligus bekerja sama dengan Mike Stern dan Mohini (bassist muda asal India) dalam album tersebut.

Tonton video 'Bedah Album ''Mahandini'' Karya Dewa Budjana':

[Gambas:Video 20detik]


(srs/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed