DetikHot

music

Perjalanan Panjang RUU Permusikan Jika Dicabut dari Prolegnas

Selasa, 05 Mar 2019 10:50 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Perjalanan Panjang RUU Permusikan Jika Dicabut dari Prolegnas Foto: Sarah Glandosch / dok. Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan
Jakarta - Meski pencabutan draf RUU Permusikan menjadi salah satu poin penting yang tertuang dalam Konferensi Meja Potlot, nyatanya hingga kini draf RUU tersebut masih ada di Prolegnas (Program Legislasi Nasional).

Menurut Wendi Putranto dari Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP), RUU tersebut hingga kini masih disusun ulang Badan Keahlian DPR. Bila ingin dicabut, Anang Hermansyah sebagai penggagasnya harus mengirimkan surat penarikan.

Akan tetapi, para anggota DPR menyelesaikan masa resesnya pada 3 Maret 2019 lalu, sehingga surat pencabutan tersebut belum dikirimkan.

"Belum, karena memang mesti dikirim suratnya kalau DPR sudah selesai masa resesnya, ketika mereka ngantor lagi di Gedung DPR," ungkap Wendi kepada detikHOT.




Setelah mengirimkan surat pencabutan itu, draf RUU Permusikan tak langsung serta merta dicabut. Pencabutan itu harus disepakati terlebih dahulu dalam sidang.

"Salah satunya (mekanisme pencabutan) surat penarikan dari penggagas RUU tersebut yang nanti akan dibawa ke Sidang Paripurna. Di sidang itulah nanti proses penarikannya disepakati bersama," terang Wendi.

Lantaran masih harus melalui sidang, Wendi mengatakan masih ada kemungkinan penarikan RUU Permusikan itu tidak disetujui oleh para anggota DPR RI. Hanya saja, Wendi optimis kemungkinan tersebut kecil adanya.

"Bisa jadi juga begitu (batal ditarik). Cuma artinya DPR akan berlawanan dengan suara mayoritas masyarakat yang tidak menghendaki adanya RUU ini kan. Kecil kemungkinan kayanya," ujarnya.

Sebelumnya, RUU Permusikan menjadi polemik karena ada sejumlah pasal janggal yang dianggap akan merugikan para pekerja musik. Dalam Konferensi Meja Potlot yang berlangsung di Markas Slank, pihak-pihak yang berseberangan sepakat untuk mencabut draf RUU tersebut dari Prolegnas.


Simak Juga 'RUU Permusikan akan Ditarik dari Proglegnas 2019 DPR':

[Gambas:Video 20detik]

Perjalanan Panjang RUU Permusikan Jika Dicabut dari Prolegnas

(srs/nkn)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed