detikHot

music

Melihat Aksi Via Vallen Menyanyikan 'Sunset di Tanah Anarki'

Senin, 12 Nov 2018 12:23 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Via Vallen. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Jerinx murka karena Via Vallen menyanyikan ulang lagu 'Sunset di Tanah Anarki'. Menurutnya, dengan dinyanyikan dalam nada dangdut koplo oleh Via Vallen, lagu milik bandnya, Superman Is Dead, tersebut menjadi turun maknanya.

Terlebih, Via Vallen juga tidak meminta izin padanya untuk membawakannya di panggung. Mengenai hal itu, Via Vallen telah memberikan klarifikasinya.

Pelantun 'Meraih Bintang' itu mengatakan tidak pernah mengambil keuntungan dari lagu tersebut. Ia juga tidak pernah merekam lagu tersebut secara resmi.

"Lagu Sunset di Tanah Anarki yg sy nyanyikan sekitar tahun 2013 katanya sudah di komersilkan dalam bentuk DVD Pertanyaan sy, dalam bentuk vcd apa? bajakan kah? Atau vcd resmi dr label???" tulis Via melalui akun media sosialnya.



"Setahu sy, setiap sy off air memang beberapa penyelenggara mendokumentasikannya dgn video shooting, sy HANYA SEBATAS MENYANYI di atas panggung dan setahu sy dokumentasi untuk koleksi pribadi mereka," lanjutnya.

Ia juga mengatakan tidak mengetahui sama sekali mengenai DVD yang diperjualbelikan yang berisi dirinya menyanyikan lagu yang dirilis pada 2013 tersebut.

Lalu, bagaimana sebenarnya penampilan Via Vallen saat menyanyikan ulang lagu tersebut?

Penelusuran detikHOT pada Senin (12/11/2018) menemukan ada sejumlah video yang diunggah di akun YouTube. Video tersebut merekam aksi panggung Via Vallen menyanyikan lagu 'Sunset di Tanah Anarki'.


Tonton video: Jerinx SID Sentil Via Vallen, Netizen Geram

[Gambas:Video 20detik]



Dari video tersebut, tak ada satu pun video yang diunggah oleh akun resmi Via Vallen secara pribadi. Kebanyakan angle video diambil dari sisi penonton.

Masing-masing video memiliki jumlah penonton yang berbeda-beda. Video yang diunggah oleh akun Sidik kamseno berjudul 'Via Vallen Sunset Di Tanah Anarki OM Sera Live Curugsewu Kendal' ditonton oleh sekitar 48 ribu orang. Video tersebut diunggah 2 tahun lalu.

Sedangkan video yang diunggah oleh Princess Pop Koplo berjudul VIA VALLEN - SUNSET DI TANAH ANARKI ( Superman Is Dead ) ditonton sebanyak 102 ribu orang. Video itu diunggah satu tahun lalu.

[Gambas:Youtube]



Selain kedua video itu masih banyak video lainnya yang diambil oleh penonton. Dalam video-video tersebut, Via Vallen tampak menyanyikan lagu itu dengan biasa-biasa saja. Tak ada goyangan heboh, perubahan lirik, maupun improvisasi berlebihan.

'Sunset di Tanah Anarki' merupakan lagu milik band asal Bali, Superman Is Dead. Lagu tersebut terdapat di album berjudul sama yang rilis pada 2013 lalu.

(srs/pus)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com