DetikHot

music

Gagal Dukung Berangkatkan ERK ke AS, Bekraf: Kita Salah Komunikasi

Senin, 12 Mar 2018 17:45 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Gagal Dukung Berangkatkan ERK ke AS, Bekraf: Kita Salah Komunikasi Gagal Dukung Berangkatkan ERK ke AS, Bekraf: Kita Salah Komunikasi Foto: Efek Rumah Kaca
Jakarta - Pekan lalu Efek Rumah Kaca tiba-tiba memutuskan untuk mundur dari dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terkait pemberangkatannya ke Festival South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Setelah pihak Efek Rumah Kaca memberikan klarifikasinya di Instagram mengenai alasan mundurnya mereka, kini giliran pihak Bekraf yang buka suara. Dalam hal ini, pihak Bekraf mengakui adanya komunikasi yang buruk dari pihaknya sehingga terjadi kesalahpahaman antara pihak mereka dan ERK.

"Perbaikan utama adalah komunikasi kami, kami harus komunikasi lebih baik lagi. Utang kami adalah untuk bisa berkomunikasi lebih baik lagi agar bisa menyiasati keterbatasan-keterbatasan ini," papar Ketua Bekraf Triawan Munaf ditemui di Gedung Kementrian BUMN, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018).

Dijelaskan oleh Triawan Munaf bahwa pihaknya memang menggunakan tenaga ahli sebagai pihak ketiga dalam mengurusi keberangkatan para delegasi dari Indonesia ke ajang SXSW tersebut. Pihak ketiga tersebut juga yang menjadi penghubung antara Bekraf dengan ERK.



Hal tersebut, diungkapkan Triawan Munaf juga akan dikaji demi perbaikan komunikasi yang disebutkannya itu.

"Memang saya akui ada kekurangan soal komunikasi, tenaga ahli ini akan kami perbaiki," katanya lagi.

Triawan Munaf mengungkapkan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan para personel Efek Rumah Kaca semalam. Perbincangan tersebut terjadi selama 4 jam melalui teleconference.

Hal-hal yang dibicarakan adalah meluruskan apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh kedua belah pihak.



"Intinya tidak ada tuduhan dari pihak Efek Rumah Kaca, Mereka hanya ingin uang pembayar pajak bisa digunakan dengan sangat efektif. Nanti kami cari jalan keluar. Masukan dari Efek Rumah Kaca sangat bagus," ujarnya.

Mengenai perihal hasil dari percakapan mereka, Triawan Munaf mengatakan nantinya akan ada pernyataan bersama dengan ERK.

Dalam kesempatan tersebut, Bekraf juga menjelaskan alur dari pembiayaan pemberangkatan delegasi Indonesia ke South by Southwest. Menurut pihaknya, aturan yang ada tidak hanya berlaku di Bekraf namun juga di lembaga pemerintahan lainnya.

Bekraf juga menegaskan selama ini pihaknya hanya menjalankan prosedur dan ketentuan yang ada.



"Kami tidak tertutup (oleh kritik) kami terbuka, (karena persoalan kemarin) kami selalu berkomunikasi intensif (dengan ERK), tapi nggak apa-ala ini baik untuk komunikasi ke depannya," ungkap Triawan Munaf lagi.



(srs/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed