DetikHot

music

Sejarah Panjang Musik Disko dan Dansa

Kamis, 14 Des 2017 15:32 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Sejarah Panjang Musik Disko dan Dansa Foto: Disco Ball (Matt Cowan/Getty Images for Coachella)
Jakarta - Jika selama ini musik dansa dan disko hanya identik dengan DJ set dan musik elektro, kalian mungkin salah kaprah. Pasalnya fenomena tersebut justru baru popular terjadi di era 1970-an.

Secara harfiah, mucik dance adalah musik yang digunakan untuk mengiringi orang menari. Musik untuk menari tersebut pertama kali ditemukan di Italia pada 1459 untuk digunakan pernikahan kerajaan.

Tradisi menari diiringi musik semakin popular saat King Louis XIV dari Prancis tampil sebagai penari di atas panggung.


Namun, sumber lainnya mengatakan tradisi menari diiringi musik erat kaitannya dengan musik folk yang mengiringi tarian tradisional di tiap daerah yang kerap dibawakan di alun-alun.

Musik dance era modern dimulai pada abad ke-19. Kala itu musik dance dimainkan di lantai dansa dan menjadi tarian untuk bersosialisasi (dansa). Di abad ke-20 barulah musik dance menjadi hal yang popular bagi kelas pekerja.

Musik dansa mulai terkenal di era 1920-an dan pada 1930-an, swing adalah genre musik dance paling popular di Amerika Serikat. Tren musik pengiring tarian pun silih berganti.

Pada era 1950-an musik Rock n Roll menjadi yang paling sering digunakan untuk mengiringi tarian dan di 60-an berganti menjadi RnB dan Soul. Barulah pada era 1970-an musik disko digandrungi banyak orang dan musik elektro mulai berkembang. Sejak saat itu lah dance music mulai menyerupai apa yang selama ini kerap kali kita nikmati.

Musik-musik dance pun tidak lagi hanya menjadi pengiring tarian, tapi 'naik kelas', diputar di klab malam hingga radio. Bukan hanya naik kelas, namun juga berubah wajah dan menjelma menjadi beragam sub-genre.

Sejarah Panjang Musik Disko dan DansaFoto: Giorgio Moroder (Filippo Alfero/Getty Images for OGR Turin)
Ada sejumlah nama di tahun 1970-an yang membuat musik elektronik dance (EDM, electonic dance music) bisa begitu terkenal, ialah Giorgio Moroder yang disebut-sebut sebagai pioneer musik disko Italia sekaligus musik EDM, namun adapula yang menyebutkan bahwa musik dub Jamaica juga membawa pengaruh besar.

Di akhir era 1970-an, grup Kraftwerk dari Jerman dan Yellow Magic Orchestra dari Jepang turut berpengaruh pada perkembangan musik disko, terutama EDM, yang sekarang.
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed