ADVERTISEMENT

Mew Kerap Ikuti Musik Indonesia, Mencoba Kenal dengan Gamelan

Dicky Ardian - detikHot
Selasa, 26 Sep 2017 14:27 WIB
Foto: Mew (Dicky/detikHOT)
Jakarta - Bagi Mew, Indonesia bukan negara asing. Mereka kerap bolak-balik dari Denmark ke Indonesia sehingga begitu mengenalnya.

Jonas Bjerre, vokalis Mew saat berbincang dengan detikHOT, mengaku mendengarkan beberapa karya dari musisi Indonesia, salah satunya bahkan sukses menggandengnya untuk kolaborasi.

"Kami mendengar mengenai The Tress and the Wild, mereka pernah bermain dengan kita. Mereka terbaik. Aku memiliki salah satu album mereka," ujarnya.


Tidak hanya itu, Jonas Bjerre juga mengungkapkan cukup mengenal dengan musik-musik tradisional Indonesia. Ia telah mengenal gamelan sejak kecil.

Menariknya, pelantun 'The Zookeeper's Boy' tersebut mengira gamelan adalah musik tradisional dari Jepang. Sebab ia pertama kali mendengar lantunannya di Negeri Matahari Terbit itu.

"Sepertinya aku berkenalan dengan musik gamelan saat acara di Jepang bernama Akira untuk soundtrack mereka menggunakan banyak suara dengan bambu, gamelan," ungkap Jonas Bjerre.

"Awalnya aku tidak tahu kalau itu musik Indonesia, aku pikir itu musik Jepang. Karena Anda akan sulit mendengarkan musik gamelan di Denmark. Aku tidak tahu itu musik Indonesia sampai usia sekitar 20 tahunan, sampai aku membaca buku mengenai perjalanan seseorang ke Bali dan itu menjadi penjelasan yang lebih baik," tambahnya.


Dari situ, Jonas Bjerre mengaku begitu terinspirasi dengan gamelan. Bahkan jika ada kesempatan untuk memasukannya ke dalam lagu, ia begitu terbuka.

"Itu (gamelan) sangat berbeda, seperti memiliki ruang sendiri di dalam pikiran ketika mendengarkannya dan itu menginspirasi kami, dan kami akan senang berkolaborasi, tapi memang akan sulit untuk disatukan," tandasnya. (dar/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT