DetikHot

music

Rich Chigga dan Musik Hiphop Masa Kini

Kamis, 24 Ags 2017 20:24 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Rich Chigga dan Musik Hiphop Masa Kini Foto: Rich Chigga dan Musik Hiphop Masa Kini (Asep Saepullah)
Jakarta - Di Indonesia, hiphop kini tengah menjadi sorotan. Salah satu yang menggerakan hal tersebut adalah munculnya rapper dengan usia yang begitu belia.

Adalah Brian Immanuel, atau yang dikenal dengan nama Rich Chigga. Awalnya, ia hanya remaja kelahiran tahun 1999 biasa. Usianya masih 17 tahun dan bersekolah di rumah dengan sistem yang disebut home-schooling.

Kisah 'from zero to hero' kemudian ia rasakan begitu video-videonya di YouTube ditonton oleh banyak orang dan langsung mencuri perhatian dunia.

Tak hanya di Indonesia, Rich Chigga juga terkenal di negara lainnya, salah satunya, Amerika Serikat. Lirik-lirik yang dibawakan dalam lagu-lagunya, misalnya, 'Dat Stick' atau 'Who That Be' berhasil menyajikan sesuatu yang genius, komedi satir.

Selain Rich Chigga, di Indonesia, ada pula Young Lex yang kontroversial dengan lirik-liriknya yang cenderung kasar. Suka tak suka, tak bisa dipungkiri bahwa Young Lex termasuk salah satu rapper yang turut menggerakkan tren musik hiphop sekarang.



Pengamat musik dan music director Prita Prawirohardjo, melihat kemunculan rapper-rapper generasi baru ini terdorong oleh musik macam apa yang mereka dengarkan.

"Artis seperti Rich Nigga muncul karena selera musik dia yang keren dan referensi musik yang cocok dengan karakternya," ungkapnya kepada detikHOT.

Tak hanya itu, ia juga melihat, referensi musik rapper Indonesia saat ini tak melulu berkiblat ke Amerika Serikat saja.

"Indonesia saat ini telah banyak berkiblat ke industri musik dunia, selain Amerika hip hop Inggris juga keren-keren," katanya lagi.


(srs/dal)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed