DetikHot

music

Perkembangan Zaman dan Hilangnya Format MP3

Jumat, 19 Mei 2017 13:41 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Perkembangan Zaman dan Hilangnya Format MP3 Foto: Gettyimages
Jakarta - "Eh suka (masukan sebuah nama musisi favorit) juga? Bagi MP3-nya dong!"

Kalimat tersebut menjadi pengantar yang begitu mujarab untuk kemudian menjalin percakapan yang lebih dalam atau pertemanan yang lebih dekat di kalangan generasi yang hidup di awal era 2000an.

Kala itu adalah peralihan jenis rilisan fisik analog ke format musik digital. MP3 atau kepanjangan dari Motion Picture Experts Group Audio Layer 3, sebenarnya telah ada sejak 1980.

Kehadirannya sempat menjadi hal yang begitu berpengaruh pada cara orang mendengarkan musik. Adanya MP3 juga yang kemudian membuat Apple mengeluarkan salah satu produk andalannya, iPod.

Akan tetapi, waktu berganti. Membuka percakapan dengan tema berbagi MP3 tersebut mungkin tak akan terdengar lagi karena kini, format MP3 kini akan digantikan oleh AAC (Advance Audio Coding).

Baca juga: Benarkah Format AAC Lebih Baik Dibanding MP3?

Hal ini tentunya tak hanya akan berpengaruh terhadap dunia digital, namun juga pada industri musik.

Menurut pengamat musik yang juga bekerja sebagai music director di sebuah radio swasta, Prita Prawirohardjo, industri musik memang akan selalu berjalan seiring seirama dengan teknologi dan evolusi yang dihasilkan oleh teknologi tersebut.

"Sebagai contoh, format kaset akhirnya digantikan oleh CD (compact disc), kemudian digantikan oleh format MP3, MP4, AAC, dan sebagainya," ungkapnya kepada detikHOT.

Ia melanjutkan, "Perkembangan teknologi mempengaruhi hampir semua industri secara signifikan, tidak hanya industri musik saja. Sehingga pada akhirnya yang bisa mengikuti hanyalah mereka yang mau mengeksplorasi teknologi ke tingkat selanjutnya".
(srs/doc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed