DetikHot

music

'Lahir Kembali': Menjadi Dekat, Tata, Kamga dan Chev Munculkan Identitas Asli

Selasa, 30 Sep 2014 12:11 WIB  ·   - detikHOT
Lahir Kembali: Menjadi Dekat, Tata, Kamga dan Chev Munculkan Identitas Asli
Jakarta -

Nama Mohammed Kamga, Tahir 'Tata' Hadiwijoyo dan Chevrina Anayang dikenal sebagai pengusung grup vokal Tangga. Tapi, kini semua telah berubah. Ketiganya telah membentuk sebuah grup vokal baru bernama Dekat.

Menandakan kelahiran Dekat, lahirlah sebuah Extended Play (EP) tertajuk 'Lahir Kembali'. Mungkin dari judulnya bisa sedikit terbaca apa yang ingin disampaikan dalam EP ini.

Dekat seperti ingin lahir kembali dari 'janin' Tangga untuk memunculkan identitas sebenarnya dari mereka. Dari awal hingga akhir EP ini, lagu-lagu-nya seperti punya makna dan arti tersendiri.

Dibuka dengan hits perdana 'Lahir Kembali', Dekat seperti ingin benar-benar menggali musik mereka. Lirik-lirik lugas dan penuh arti ditambah musik yang seperti pelatuk api membakar semangat pendengarnya, seolah mengajak pendengar mengawang-ngawang meraba sosok siapa yang di-mention dalam lagu ini.

Secara musikal, lagu 'Lahir Kembali' jauh berbeda dengan musik Tangga. Selanjutnya ada 'Mana Dusta, Mana Nyata', kolaborasi vokal ketiga personel Dekat sangat terasa berselaras dengan musik modern yang dimainkan mereka.

'Istimewa' menjadi track ketiga yang masuk dalam EP ini. Dibuka dengan aksi rap dari seorang Tata diawal lagu. Di lagu ini seperti ditegaskan unsur Rap Music dalam musik Dekat bukan hanya sekadar pelengkap atau setidaknya lebih besar dibanding saat bersama Tangga.

Kembali Dekat membawa lagu yang penuh semangat dalam lagu 'Kembali Bekerja'. Setiap 'gambaran' beat-beat yang ditampilkan dalam lagu ini seperti sebuah motivasi sebelum kembali menghadapi hiruk-pikuk pekerjaan masing-masing.

EP 'Lahir Kembali' ditutup dengan lagu 'Bila Aku'. Part vokal merdu Chevrina menjadi pembuka sebelum disambut dengan beat drum yang sedikit mengingatkan dengan beberapa lagu Imagine Dragon atau Bastille terasa di lagu ini.

'Lahir Kembali' sendiri sengaja disebarkan secara gratis lewat situs ini. Selain itu, EP dengan kualitas suara yang lebih mumpuni akan mulai masuk iTunes mulai Oktober mendatang.


(fk/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed