Deretan Film Terbaik James Cameron

ADVERTISEMENT

Deretan Film Terbaik James Cameron

Diah Retno Andani - detikHot
Jumat, 20 Jan 2023 12:35 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 06: James Cameron and Suzy Amis Cameron attends the
Foto: Getty Images/Lia Toby
Jakarta -

James Cameron mulai berkarier di dunia film sejak tahun 1978. Hingga kini sutradara tersebut telah membuat banyak karya populer seperti film Avatar dan Titanic.

Perbagai penghargaan serta pencapaian dari karya-karyanya mampu memukau banyak orang. Termasuk Avatar: The Way of Water yang kini berhasil masuk dalam jajaran film terlaris sepanjang masa di IMAX. Perayaan 25 tahun film Titanic yang dihadirkan dalam versi 3D 4K HDR juga kembali menarik antusias penonton.

Di sisi lain, James Cameron juga memiliki karya-karya lain yang tak kalah menarik. Berikut deretan film terbaik darinya:

1. The Terminator

[Gambas:Youtube]


Sutradara James Cameron mengarahkan film The Terminator yang sukses meraih hit box office Amerika selama dua minggu berturut-turut di tahun 1984. Diketahui ide awal film ini datang dari mimpi yang dialami oleh sang sutradara, kemudian apa yang dilihatnya dikembangkan menjadi skenario untuk The Terminator. Film bergenre sci-fi ini menghadirkan kisah tentang pembunuh cyborg yang menyamar menjadi manusia.

Dikenal sebagai Terminator, dia melakukan perjalanan waktu dari tahun 2029 ke 1984 hanya untuk sebuah misi pembunuhan. Tugasnya memburu seorang perempuan bernama Sarah Connor, sebab di masa depan putranya akan memimpin pertarungan melawan sistem kecerdasan buatan bernama Skynet. Namun, misi itu tampak tak mudah dengan datangnya Kyle Reese dari masa depan yang melindungi Sarah.

2. Aliens

[Gambas:Youtube]

Ini menjadi sekuel dari film Alien yang sempat disutradarai oleh Ridley Scott pada tahun 1979. Sekuel ini dirilis pada 18 Juli 1986 dan membuat James Cameron sebagai salah satu pembuat film blockbuster hebat sepanjang masa. Melalui film ini dia bekerja sama dengan Sigourney Weaver, Carrie Henn, Michael Biehn, Bill Paxton, dan lainnya. Penulisan naskah untuk Aliens dilakukan oleh Cameron ketika waktu senggang sebelum perilisan film The Terminator.

Bergenre sci-fi, Aliens mengisahkan tentang Ellen Ripley yang selamat dari serangan apokaliptik. Kemudian pesawat ulang-alik miliknya ditemukan oleh tim penyelamat luar angkasa setelah mengambang lebih dari 50 tahun. Dia lantas kembali ke planet LV-426 dengan tim yang kuat untuk mengevakuasi sisa-sisa korban selamat dan berniat melangsungkan balas dendam dengan menghancurkan para alien. Namun, tim yang dibawa tampak tak sebanding dengan ratusan alien yang telah menginvasi koloni.

3. The Abyss

[Gambas:Youtube]

Karya terbaik lainnya dari sutradara James Cameron adalah The Abyss yang rilis pada 9 Agustus 1989. Selain menjabat sutradara, Cameron juga menulis skenario untuk film ini. Premis The Abyss disusun olehnya ketika berusia 17 tahun, setelah menghadiri presentasi oleh Francis J. Falejczyk. Film ini menampilkan banyak adegan dibawah air, itu mengapa pemeran dan kru sama-sama dilatih untuk menyelam di kepulauan Cayman.

Kisahnya terjadi saat perang dingin antara Rusia dan Amerika. Di tahun 1994, kapal selam kelas Ohio AS USS Montana menemukan sebuah objek tak dikenal yang tenggelam di dekat Palung Cayman. Pemerintah AS akhirnya mengirim tim SEAL ke sebuah markas pengeboran swasta dekat palung Cayman untuk menginvestigasi hal tersebut. Namun, bahaya justru menghadang saat mereka disana.

4. Aliens of the Deep

[Gambas:Youtube]


Film ini jadi film dokumenter bawah air ketiga yang dibuat oleh sutradara James Cameron pada tahun 2000-an. Di sini Cameron juga kembali bekerjasama dengan kru dari kapal milik Rusia bernama Akademik Mstislav Keldysh. Mereka terjun ke kedalaman lautan untuk menjelajahi ventilasi hipotermal di Atlantik dan Pasifik. Tak sendiri Cameron melakukan hal tersebut bersama para ilmuan dari NASA dan ahli biologi kelautan dari Amerika.

Dalam Aliens of the Deep menampilkan ahli biologi kelautan seperti Dijanna Figueroa. Ada juga seorang mahasiswa PhD di UC Santa Barbara. Cameron juga mendatangkan ahli astrobiologi dan ilmuwan planet seperti Kevin Hand dari Unibersitas Stanford. Tak tanggung-tanggung, sutradara ini mengundang astronot sungguhan. Dia adalah Dr. Meghan McArthur untuk ikut berpartisipasi dalam eksplorasi tersebut.

5. True Lies

[Gambas:Youtube]

True Lies merupakan film garapan sutradara James Cameron lainnya. Bergenre aksi komedi, film ini dirilis pada 15 Juli 1994. Film ini didasarkan pada film komedi Prancis tahun 1991 karya Claude Zidi berjudul La Totale!. True Lies juga mencapai kesuksesan dengan menjadi hit box office di Amerika selama satu minggu berturut-turut. Film ini dibintangi oleh sederet aktor terkenal seperti Arnold Schwarzenegger, Art Malik, Jamie Lee Curtis dan Bill Paxton.

Kisahnya berfokus pada kehidupan ganda yang dimiliki oleh Harry Tasker. Dia bekerja sebagai seorang mata-mata, tapi di depan keluarganya Tasker hanyalah seorang salesman komputer biasa. Saat dirinya dihadapkan pada misi untuk melacak rudal nuklir yang dimiliki oleh Aziz, misi tersebut justru menjadi lebih rumit. Dia menyadari istrinya yang terabaikan sedang mempertimbangkan untuk berselingkuh dengan Simon. Kini Tasker harus menyelamatkan dunia dan memperbaiki pernikahannya di saat yang bersamaan.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT