Profil Eddie Murphy, Penerima Cecil B. DeMille Award di Golden Globe 2023

ADVERTISEMENT

Profil Eddie Murphy, Penerima Cecil B. DeMille Award di Golden Globe 2023

Diah Retno Andani - detikHot
Rabu, 11 Jan 2023 19:43 WIB
Eddie Murphy
Foto: dok. Golden Globes 2023
Jakarta -

Eddie Murphy menerima penghargaan Cecil B. DeMille di Golden Globe Awards 2023. Dia danggap telah banyak berkecimpung di dunia film khususnya genre komedi. Deretan film yang dibintangi olehnya tak pernah gagal untuk menghibur publik. Tak mengherankan juga karena Murphy merupakan seorang komedian veteran yang telah memulai karier tersebut sejak usia 19 tahun.

Berikut merupakan profil dari Eddie Murphy:

1. Latar belakang keluarga

Pemilik nama asli Eddie Regan Murphy ini berzodiak Aries, dia lahir pada 3 April 1961 di Brooklyn. Ayahnya bernama Charles, seorang polisi New York City. Sementara ibunya bernama Lillian, seorang operator telepon. Dia memiliki saudara laki-laki bernama Charlie. Diketahui ketika Murphy berusia 3 tahun orang tuanya bercerai. Sekitar 5 tahun kemudian ayahnya meninggal dan ibunya dirawat di rumah sakit untuk waktu yang lama. Lalu saat Murphy berusia 9 tahun, ibunya menikah lagi dengan Vernon Lynch yang berprofesi sebagai mandor di pabrik es krim Breyer. Ini membuat keluarganya pindah kota dari Brooklyn ke Long Island di New York City.

2. Kariernya sebagai komedian

BEVERLY HILLS, CA - NOVEMBER 06:  Actor Eddie Murphy, recipient of the ?Hollywood Career Achievement Award?, speaks onstage during the 20th Annual Hollywood Film Awards on November 6, 2016 in Beverly Hills, California.  (Photo by Alberto E. Rodriguez/Getty Images)Eddie Murphy Foto: Eddie Murphy (Alberto E. Rodriguez/Getty Images)

Eddie Murphy mulai melakukan stand-up comedy ketika remaja. Pada 9 Juli 1976, dia tampil di sebuah pertunjukan bakat di Roosevelt Youth Center yang menandai awal kariernya. Setelah itu, Murphy bergabung dengan para pemeran Saturday Night Live (SNL) ketika berusia 19 tahun. Tampil di acara tersebut membuat dia semakin dikenal oleh publik. Inspirasinya untuk menjadi seorang komedian dimulai ketika dia mendengarkan album komedi Richard Pryor bertajuk That Nigger's Crazy saat berusia 15 tahun. Komedi awal yang ditampilkan oleh Murphy di awal kariernya identik diisi oleh kata-kata kotor yang berlebihan dan sketsa yang mencemooh berbagai kelompok orang.

3. Karier akting

ShrekEddie Murphy isi suara karakter Donkey di Shrek Foto: Shrek (dok. Netflix)

Pada usia 21 tahun, Murphy melakukan debut film yang sukses yaitu 48 Hrs. Diproduseri oleh Walter Hill, dia beradu peran dengan Nick Nolte. Setelah itu, film-film yang dibintanginya dengan sukses masuk ke daftar penjualan tinggi di box office seperti Trading Places, Beverly Hills Cop, dan The Golden Child. Di tahun 1984, Murphy lebih memilih fokus untuk karier film dan komedinya. Ini membuat dia meninggalkan acara Saturday Night Live. Selama kariernya di dunia film, dia telah membintangi banyak judul populer. Beberapa di antaranya Imagine That, Tower Heist, A Thousand Words, Mr. Church, dan Dolemite Is My Name. Dia juga pernah menjadi pengisi suara dalam film animasi Mulan dan Shrek.

4. Karier dalam bermusik

Selain menjadi seorang komedian dan juga aktor, Murphy juga menjadi seorang penyanyi. Sebagai penyanyi solo, dia memiliki dua single hit yang berjudul Party All The Time dan Put Your Mouth on Me. Lirik dari Party All The Time ini ditulis oleh Rusty Hamilton dan proses produksinya ditangani oleh Rick James. Sementara itu di tahun 1989, Murphy kembali merilis ulang lagu Put Your Mouth on Me dalam album repackage. Sebagai penyanyi dia juga mendapatkan kesempatan untuk membawakan beberapa lagu dalam franchise film Shrek yang dibintanginya. Terakhir dia merilis single baru pada tahun 2013 yang berjudul Red Light.

5. Kehidupan percintaan

LOS ANGELES, CA - APRIL 12: Eddie Murphy and girlfriend Paige Butcher attend the game between the Dallas Mavericks and the Los Angeles Lakers at Staples Center on April 12, 2015 in Los Angeles, California.  The Mavericks won 120-106. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement.  (Photo by Stephen Dunn/Getty Images)Eddie Murphy dan Paige Butcher Foto: Stephen Dunn

Murphy memulai hubungan romantis dengan Nicole Mitchell selama dua tahun sebelum melangsungkan pernikahan. Pasangan ini menikah di Grand Ballroom Plaza Hotel di New York City pada 18 Maret 1993. Murphy dan Mitchell dikaruniai 5 orang anak. Namun, pernikahan mereka tak bertahan lama, pada 17 April 2006 keduanya secara resmi telah bercerai. Diketahui dia memiliki banyak anak di antaranya satu anak dengan Paulette McNeely di tahun 1989 dan satu anak lagi dengan Tamara Hood pada tahun 1990. Di tahun 2007, dia memiliki anak dengan Angel Iris. Murphy juga memiliki dua anak dengan Paige Butcher yang menjadikannya ayah dengan total 10 anak.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT