Profil Ryan Murphy, Penerima Carol Burnett Award di Golden Globe 2023

ADVERTISEMENT

Profil Ryan Murphy, Penerima Carol Burnett Award di Golden Globe 2023

Diah Retno Andani - detikHot
Rabu, 11 Jan 2023 18:52 WIB
Ryan Murphy
Foto: dok. Golden Globe 2023
Jakarta -

Ryan Murphy menerima penghargaan Carol Burnett di Golden Globe Awards 2023. Penghargaan tersebut diberikan oleh Billy Porter atas berbagai karya dari Ryan Murphy di industri televisi Amerika Serikat. Dia dianggap telah menjadikan sosok minoritas sebagai pahlawan di layar kaca termasuk dalam serial Glee dan American Horror Story.

Berikut merupakan profil dari Ryan Murphy:

1. Latar belakang keluarga

Pemilik nama asli Ryan Patrick Murphy ini berzodiak scorpio, dia lahir pada 9 November 1965 di Indiana. Ibunya bernama J. Andy Murphy yang dulu bekerja sebagai seorang penulis, sementara ayahnya bekerja di industri surat kabar. Dia merupakan lulusan dari Warren Central High School dan Indiana University Bloomington mengambil jurusan jurnalisme. Ketika berusia 15 tahun, Murphy menyadari bahwa dirinya memiliki ketertarikan terhadap laki-laki. Dia juga mengklaim secara diam-diam berkencan dengan banyak pemain bola di sekolah menengahnya. Sebelumnya orang tua Murphy juga sempat membawa dia ke psikiater untuk menyembuhkan dirinya. Namun pada akhirnya mereka membuat pilihan untuk menerima hal tersebut setelah berdiskusi dengan psikaternya.

2. Karier di industri hiburan

GleeGlee Foto: (imdb)

Sebelum menjadi seorang sutradara, Murphy pernah menjadi anak magang di The Washington Post pada tahun 1986. Dia juga pernah bekerja di The Miami Herald, Los Angels Times, New York Daily News, Knoxville News Sentinel, dan Entertainment Weekly. Di tahun 1999, dia baru memulai kariernya di produksi televisi dengan membuat serial komedi remaja berjudul Popular. Dalam prosesnya Murphy ditemani oleh Gina Matthews untuk produksi serial tersebut hingga berlangsung selama dua musim. Setelah itu, dia banyak membuat berbagai serial populer lainnya seperti Nip/Tuck. Diketahui dia juga menjadi seroang penulis di tahun 1990-an melalui naskahnya yang berjudul Why Can't I Be Audrey Hepburn?. Mulai tahun 2006, dia mulai menulis skenario sekaligus menyutradarai film.

3. Deretan karya terbaiknya

Poster promosi American Horror Story 10: Double FeaturePoster promosi American Horror Story 10: Double Feature Foto: dok. FX

Ada banyak karya yang dihasilkan oleh Ryan Murphy sepanjang kariernya termasuk serial komedi-musikal Glee. Serial tersebut mulai diproduksi pada 19 Mei 2009, lalu berakhir di musik keenam pada tahun 2015. Serial tersebut berhasil membuat Murphy memenangkan Primetime Emmy Award.

Tahun 2010, dia menjadi sutradara dalam film yang dibintangi oleh Julia Roberts yaitu 'Eat, Pray, Love' berdasarkan memoar Elizabeth Gilbert. Tahun 2011, dia dan brad Falchuk membuat serial antologi berjudul American Horror Story. Kedua sutradara ini juga kembali bekerjasama dalam serial komedi-horor Scream Queens dan serial Pose. Keuntungan dari serial Pose disumbangkannya ke organisasi amal yang bekerja dengan orang-orang LGBTQ+. Lalu pada tahun 2019, dia bekerjasama dengan Netflix untuk penyutradaraan The Politician.

4. Kehidupan percintaan

Ryan Murphy bertemu dengan kekasihnya di sebuah restoran pada tahun 1996. Hubungan antara Ryan Murphy dan David Miller berawal dari pertemanan hingga akhirnya memutuskan berkencan pada tahun 2010. Mereka lalu menikah pada 4 Juli 2012 di Provincetown. David Miller merupakan seorang fotografer yang menangani para klien kelas atas seperti Nike, Ford, IBM, dan Apple. Pasangan ini memiliki melalui ibu pengganti yaitu Logan, Ford Theodore, dan Griffin Sullivan.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT