Chingmy Yau Sang Ikon Seks Mandarin Era '90-an

ADVERTISEMENT

Chingmy Yau Sang Ikon Seks Mandarin Era '90-an

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 07 Des 2022 08:24 WIB
Chingmy Yau
Penampilan Chingmy Yau di film. Dok. Ist
Jakarta -

Bagi pecinta film Mandarin pasti sudah tidak asing dengan penampilan Chingmy Yau. Ia telah memainkan sejumlah film yang tak jarang juga beradu akting dengan para aktor ternama seperti Jackie Chan, Jet Li, Andy Lau, Ekin Cheng dan Stephen Chow. Kini ia telah rehat dalam seni perannya di dunia hiburan dan terlihat akrab dengan anak-anaknya.

Wanita dengan nama lengkap Chingmy Yau Suk-zing ini merupakan salah satu aktris senior Hongkong yang kini telah pensiun dari dunia industri hiburan. Ia mengawali karirnya setelah mengikuti sebuah ajang kompetisi dalam Kontes Kecantikan Miss Hong Kong pada 1987.

Sejak saat itu, ia mendapatkan kesempatan untuk tampil dan menjadi salah satu aktris terkemuka pada akhir tahun 1980 hingga awal 1990 an, bersanding dengan Maggie Cheung, Brigitte Lin, dan Cheung Man.

Wanita kelahiran 16 Mei 1968 ini semakin dikenal publik saat tampil menonjol dalam film Naked Killer (1992). Dalam film yang ditulis dan diproduksi oleh Wong Jing itu, ia berperan sebagai Kitty atau Vivian Shang.

Pada film tersebut ia tampil berani dengan menampilkan tubuh seksinya itu tanpa balutan busana sedikitpun pada poster filmnya. Ia hanya menutupi bagian intimnya dengan amunisi dan senjata api di foto tersebut. Hal itu pun menjadi sorotan kala itu dan membuat filmnya ramai diperbincangkan tak hanya di Hong Kong tapi juga secara internasional.

Film itu pun membuat dirinya dari seorang aktris yang dihormati banyak orang menjadi bintang film Category III (berisikan film esek-esek) bahkan ia juga dijuluki sebagai ikon seks saat itu.

Dalam sebuah wawancara ia pun membantah tudingan soal dirinya sengaja menghancurkan karirnya hanya untuk tampil di film Category III itu.

Chingmy YauChingmy Yau di film Naked Killer. Foto: Dok. Weibo

"Tidak, tidak. Aku tak berniat untuk jadi bintang di kategori III. Aku hanya ingin menjajal area baru di akting. Aku tak ingin membatasi diriku untuk membuat film yang sama terus-terusan. Aku ingin mencoba yang beda, peran yang lebih bervariasi," ungkapnya.

"Meskipun itu adalah film kategori III, hanya sedikit bagian tubuhku yang terlihat di adegan-adegan panas. Kami mendiskusikan aspek ini sebelum mulai syuting dan kami berkompromi tentang apa yang aku lakukan dan tak tunjukkan di sana," tambahnya.

Mengenai poster yang cukup menggoda tersebut, Chingmy Yau pun mengaku jika ia hanya ingin membantu agar orang-orang tertarik dengan film itu.

"Aku memang ingin foto itu terlihat sangat seksi agar bisa membuat orang tertarik pada filmnya. Ketika pemotretan itu dilakukan, kami bersama fotografer wanita jadi aku tak merasa tidak nyaman saat berpose," terang Chingmy Yau.

Selain Chingmy Yau, ada pula Amy Yip Chi Mei yang pertama kali dinobatkan sebagai ikon seks di industri film modern China dan juga Veronica Yip yang menjadi aktris Hong Kong pertama yang tampil telanjang di dalam film.

Namun berbeda dengan lainnya, karir Chingmy Yau justru melonjak pesat setelah tampil di film kategori III tersebut. Ia pun menjadi salah satu aktris era '90-an yang paling banyak diingat dalam beragam karya-karya bersama dengan Jackie Chan hingga Ekin Cheng.

Ia pernah juga masuk dalam nominasi Best Actress di Hong Kong Film Awards pada 1996 lewat film komedi romantis bertajuk I'm Your Birthday Cake, meskipun kalah dari Josephine Siao Fong Fong. Sayangnya hingga saat ini ia tak pernah sama sekali menjadi pemeran utama di film-film yang dibintanginya.



Simak Video "Alasan Bisa Kecanduan Film Porno"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT