Keumalahayati dari Pentas Teater Akan Diadaptasi ke Film Animasi

ADVERTISEMENT

Keumalahayati dari Pentas Teater Akan Diadaptasi ke Film Animasi

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 16 Nov 2022 20:47 WIB
keumalahayati
Keumalahayati dari Pentas Teater Akan Diadaptasi ke Film Animasi. (Foto: ist)
Jakarta -

Gema Cita Nusantara (GCN) dan Papatong Artspace belum lama ini menggelar Sarasehan dan pementasan musikal Keumalahayati - Laskar Inong Bale. Dihelat di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, acara itu turut dihadiri beberapa nama, seperti Yusnawati (Kepala Pokja Diplomasi Budaya Kemendikbudristek), Akbar Yumi (Budayawan), Krisna Aditya (Sutradara 2 pementasan), dan Teuku Othman (Ahli Waris Keumalahayati).

Di situ, pementasan tokoh pahlawan perempuan asal Kesultanan Aceh, Keumalahayati, dalam berjuang memimpin Laskar Inong Bale dari Aceh di tahun 1585-1604 melawan penjajah Belanda dipertontonkan.

"Presentasi musikal Keumalahayati sendiri hanya berlangsung 30 menit. Ini potongan pementasan yang pernah kami tampilkan di Taman Ismail Marzuki pada 19 Maret 2022," ujar Mira Marina Arismunandar selaku pimpinan GCN dan produser eksekutif teater musikal.

Meski bukan kali perdana pementasan tersebut diadakan, Mira juga menganggap bahwa masih banyak orang yang kurang familiar dengan kisah kepahlawanan sosok Keumalahayati.

"Kegiatan hari ini kami maksudkan untuk mensosialisasikan Keumalahayati sambil berterima kasih kepada para sponsor dan donator yang terlibat," tutur Mira.

"Ini pun masih banyak yang belum tahu bahwa Indonesia memiliki seorang pahlawan nasional bernama Keumalahayati, wanita Aceh pertama berpangkat Laksamana (Admiral) di Kesultanan Aceh Darussalam," lanjutnya.

Atas dasar semangat melestarikan nama pahlawan bangsa, kisah Keumalahayati ini nantinya juga akan dijadikan sebuah film animasi.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memperkenalkan kembali Keumalahayati dan pahlawan-pahlawan kita lainnya kepada generasi muda. Terlebih di zaman digital, kita bisa memperkenalkannya dalam berbagai bentuk. Termasuk membuarnya dalam format film animasi," kata Yusnawati.

Perlu diketahui bahwa Keumalahayati - Laskar Inong Bale sendiri telah terdapat versi film dan ditayangkan di YouTube GCN pada 10 November lalu.

Kini, perjalanan sosialisasi Keumalahayati sendiri masih akan terus bergulir sejak penayangan film teater musikal yang sekaligus memperingati Hari Pahlawan hingga di tahun 2024 mendatang atau saat film animasi Laksamana Keumalahayati resmi dirilis.

Kegiatan ini diharapkan tak hanya memperkenalkan dengan tokoh pahlawan bangsa, namun juga dapat memicu semangat para generasi muda, khususnya perempuan untuk mendapat referensi tokoh yang tangguh.

"Jadi ini semacam perjalanan panjang menjadi rangkaian road to the process making of Keumalahayati the animation yang akan dirilis pada 2024!" ujar Mira.

"Kami terus membuka kesempatan lebar bagi mereka yang ingin turut mendukung pementasan ini di tahun depan. Tiap dukungan adalah bagian dari menjaga dan terus menghormati pahlawan kita yang sudah gugur demi tegaknya bangsa ini," pungkasnya.



Simak Video "Keren! Film Animasi Indonesia 'Hafiz dan Hafizah' Tayang di 17 Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT