Kisah Alan Smithee dan Film Terburuk Hollywood

ADVERTISEMENT

Kisah Alan Smithee dan Film Terburuk Hollywood

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 05 Okt 2022 14:10 WIB
Cuplikan adegan di film Burn, Hollywood, Burn (1997).
Poster film Burn, Hollywood, Burn (1997) karya Alan Smithee. Dok. Ist
Jakarta -

Nama Alan Smithee (atau Alana Smithee) menjadi legenda di industri perfilman Hollywood sejak era 80-an. Ada ratusan hingga ribuan karya film, serial televisi, opera hingga album musik yang digarap atas nama Alan Smithee.

Padahal tak ada sosok nyata dari Alan Smithee. Ia adalah sebuah pseudonim yang digunakan oleh banyak orang yang tak ingin namanya muncul dalam kredit atas karya tersebut.

Merujuk pada dunia film, ada beragam film yang cukup sensasional yang memajang nama Alan Smithee. Salah satu yang paling mencolok adalah film 'Burn, Hollywood, Burn' yang dirilis pada 1997.

Film yang dibintangi banyak aktor kelas A itu gagal total di pasaran. Aksi Sylvester Stallone, Billy Bob Thornton, Jackie Chan, hingga Whoopi Goldberg tak sanggup menyelamatkan film itu. Mengapa begitu disorot, karena gagalnya film itu menarik banyak penonton ke bioskop, meski dibintangi aktor papan atas.

Menghabiskan bujet hingga 10 juta USD, film itu hanya meraup pendapatan sebesar 52 ribu USD saja. Bahkan beberapa situs film seperti IMDB hanya memberikan rating 3,5/10 dan 7% di Rotten Tomatoes.

Burn, Hollywood, Burn bercerita tentang sosok Alan Smithee yang digambarkan sebagai sutradara muda di Hollywood yang tak ingin namanya muncul di film. Hingga akhirnya ia pun melakukan langkah ekstrem dengan membakar pita film garapannya itu.

Cuplikan adegan di film Burn, Hollywood, Burn (1997).Cuplikan adegan di film Burn, Hollywood, Burn (1997). Foto: Dok. Ist

Film tersebut ditulis,diedit dan diproduseri oleh Joe Eszterhas yang bertengkar dengan sang sutradara Arthur Hiller. Perdebatan keduanya itu pun berujung pada pemotongan ulang beberapa adegan di film yang membuat namanya pun dihapus dari kredit.

Tak hanya itu saja, Joe bahkan bercerita dalam biografinya soal Hiller yang sempat memantau dirinya saat melakukan editing agar semuanya sesuai dengan apa yang ia mau dan tak membiarkan dirinya berkreasi.

Film itu diganjar empat penghargaan Golden Raspberry sebagai Worst Pictures, Worst Screenplay, Worst Supporting Actors dan Worst New Star (untuk penampilan cameo Joe Eszterhas).

Roger Ebert dari Chicago Sun-Times bahkan tak memberikan bintang sama sekali untuk film tersebut dan menyebut karya itu tak layak untuk dinikmati sebagai film meskipun ia menjelaskan Joe Eszterhas merupakan penulis film yang bagus.



Simak Video "Sutradara Andi Bachtiar Buka Suara Usai Dituding Tampar Kru"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT