Ini Sutradara Terburuk Sepanjang Masa di Hollywood

ADVERTISEMENT

Ini Sutradara Terburuk Sepanjang Masa di Hollywood

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 05 Okt 2022 13:40 WIB
Film Death of a Gunfighter yang digarap oleh Alan Smithee.
Cuplikan gambar film Death of a Gunfighter (1969). Dok. Ist
Jakarta -

Bicara terbaik dan terburuk dalam seni, tak akan pernah ada jawaban pasti yang didapatkan. Namun ternyata hampir seluruh media dan sineas sepakat ada satu nama yang dipastikan menjadi sutradara terburuk sepanjang masa di Hollywood.

Siapakah dia? Dia adalah Alan Smithee, merupakan sebuah nama samaran atau pseudonim yang digunakan oleh para sutradara di Hollywood yang tak ingin nama aslinya muncul di kredit hasil karyanya itu.

Nama Alan Smithee sendiri digunakan oleh para sineas saat mereka merasa tak puas hingga tak menyukai film buatannya sendiri. Hal ini disebabkan karena adanya intervensi sangat besar dari para studio atau investor yang membuat mereka tak bisa berkarya secara jujur.

Kisah Alan Smithee sendiri bermula dari film Death of a Gunfighter pada 1969 di mana kala itu sutradara Don Siegel didapuk untuk menggantikan Robert Totten untuk menggarap film itu. Siegel tak mau namanya muncul di kredit dan akhirnya memilih pseudonim tersebut.

Ia berdalih dirinya hanya menangani syuting selama 9 sampai 10 hari saja, sementara Totten justru telah menghabiskan 25 hari syuting dan gambar-gambar hasilnya pun masih digunakan pada film itu.


Keputusan mundurnya Robert Totten pun dikarenakan ketidaksukaan sang bintang utama, Richard Widmark yang bersitegang dengannya di lokasi. Namun setelah film itu selesai, kedua sutradara itu menolak nama mereka dimasukan ke dalam kredit film hingga akhirnya tercetuslah Alan Smithee.

Penggunaan pseudonim sendiri awalnya dilarang keras oleh perkumpulan sineas di Amerika. Hal ini pun sempat menuai protes keras hingga akhirnya Directors Guild of America pun menyetujui pemakaian pseudonim tersebut setelah keduanya beralasan jika film itu sama-sama tak mewakili visi mereka.

Awalnya Siegel memilih nama Al Smith, namun nama itu terlalu umum dan sudah ada sutradara yang memiliki nama tersebut. Untuk mencegah terjadinya salah paham maka nama itu diubah menjadi Smithe, namun masih bermasalah hingga akhirnya menjadi Alan Smithee.

Saat ini sudah ada ratusan film dan serial televisi yang menggunakan nama Alan Smithee. Beberapa di antaranya pun ada yang menuai hasil lumayan sukses, sementara kebanyakan justru menuai hasil yang sangat buruk.

Penasaran film apa saja yang memakai nama Alan Smithee dan siapa yang paling buruk? Simak beritanya di artikel selanjutnya!



Simak Video "Keren! Kelly Clarkson Raih Bintang Walk of Fame"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT