ADVERTISEMENT

Film Jagat Arwah Penuh Kesan Mistis, Hadirkan Budaya Kejawen

Mauludi Rismoyo - detikHot
Kamis, 22 Sep 2022 21:43 WIB
film jagat arwah
Film Jagat Arwah Penuh Kesan Mistis, Hadirkan Budaya Kejawen. (Foto: dok Visinema)
Jakarta -

Satu lagi film horor yang siap gentayangi Indonesia, kali ini giliran Jagat Arwah. Film itu akan segera tayang Kamis pekan depan (29/9) di bioskop.

Berada di bawah arahan rumah produksi Visinema Pictures, film dengan nama yang sudah terkesan seram itu akan membawa unsur budaya kejawen kuno yang kental.

Hal itu coba mereka tunjukkan melalui trailer resminya yang dirilis beberapa waktu lalu. Di situ terlihat beberapa deretan kalimat rumit yang disinyalir mengambil makna asli dari budaya Jawa kuno.

"Manusia tidak pernah lahir sendiri. Selalu ada empat roh lain yang ikut lahir dan menyerupai wujud manusianya. Mereka yang namanya sedulur papat limo pancer," ujar salah satu karakter Paklik Jaya yang diperankan oleh Oka Antara.

Menilik dari filosofi berbagai daerah, pemaknaan kalimat 'sedulur papat limo pancer' sendiri berartikan teman gaib yang mendampingi dan melindungi ke manapun kita pergi atau biasa disebut khodam. Sementara, ditelusuri lebih dalam dari primbon Jawa, terdapat beberapa unsur yang dikaitkan dengan kalimat tersebut, yakni Kakang Sawah, Adi Ari-ari, Getih, Puser, dan Pancer.

Bicara mengenai alur, Jagat Arwah sendiri nantinya akan menampilkan cerita tentang kematian ayah dari Raga (Ari Irham) yang bernama Sukmo (Kiki Narendra) secara tiba-tiba.

Tragedi itu makin mendorong rasa penasaran Raga untuk mengeksplor kehidupannya yang penuh akan hal mistis. Dengan dibantu pamannya, Paklik Jaya (Oka Antara), Raga pun mulai telusuri alam arwah.

Dalam perjalanannya, Raga yang baru mengetahui fakta bahwa ia merupakan keturunan penyeimbang Jagat Arwah dan Manusia yang bergelar Aditya ke-7, alhasil mulai mencoba mempertaruhkan nyawa dengan warisan dan tradisi keluarganya.

Selain nama-nama di atas, film itu juga akan menampilkan berbagai bintang film kenamaan Tanah Air lainnya, mulai dari Cinta Laura, Sheila Dara, hingga Ganindra Bimo.



Simak Video "Gading Marten Ungkap Nasihat yang Selalu Diberikan Ibunda"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT