ADVERTISEMENT

Jakarta Film Week Digelar Oktober 2022

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Minggu, 18 Sep 2022 21:27 WIB
Jakarta Film Week siap digelar
Foto: ist.
Jakarta -

Ajang Jakarta Film Week akan kembali hadir di 2022 ini. Adapun tema dari ajang ini mengambil nama "Emerge" dengan harapan kebangkitan film Indonesia usai dihantam pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Rina Damayanti selaku Festival Director Jakarta Film Week.

"Kami melihat ada sesuatu yang kembali bangkit. Ada sesuatu yang bersinar kembali," kata Rina Damayanti saat menggelar konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Rina Damayanti menggambarkan bentuk kebangkitan industri film yang menjadi latar belakang penyelenggara Jakarta Film Week nantinya.

Rina Damayanti menyoroti kenaikan jumlah penonton di bioskop. Ia menyebut total penonton yang meramaikan bioskop bahkan melebihi angka sebelum pandemi COVID-19 melanda Tanah Air. Kemudian, ia juga melihat peningkatan jumlah produksi dari para sineas setelah dua tahun terpuruk imbas pandemi COVID-19.

"Tahun ini dunia perfilman berbeda. Kami melihat banyaknya kembalinya penonton ke bioskop. Bahkan jumlahnya melebihi ketika sebelum pandemi," terang Rina Damayanti.

"Kami juga melihat produktivitas teman-teman dari perfilman sekarang untuk memproduksi layar lebar, series untuk OTT, kemudian di berbagai daerah kami lihat juga banyak sekali produksi dokumenter, animasi, film pendek," jelasnya.

Hal tersebut yang kemudian membawa Rina Damayanti bersama para petinggi Jakarta Film Week untuk mengadakan kembali Jakarta Film Week sebagai wujud perayaan bagi para sineas film.

"Jadi ada sesuatu yang bergerak maju, bangkit kembali dan dunia perfilman ini berhasil mengatasi berbagai tantangan selama pandemi kemarin," ujar Rina Damayanti.

Tahun ini, Jakarta Film Week mengusung dua program utama yaitu pemutaran film dan non pemutaran film.

Program pemutaran film terdiri dari tiga program, yaitu Global Feature (merupakan pemutaran film panjang terpilih baik dari Indonesia maupun internasional), Global Short (pemutaran film pendek menampilkan film-film pendek terpilih, baik dari Indonesia maupun Internasional), dan Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek).

Dalam program pemutaran film, akan ada juga sesi kompetisi, yang terdiri dari Feature Award (penghargaan film panjang internasional terbaik), Direction Awards (penghargaan film panjang Indonesia terbaik), Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik), Jakarta Film Fund Award (penghargaan film hasil produksi pemenang Jakarta Film Fund), Global Animation Award (penghargaan film animasi pendek), dan Series of The Year (penghargaan series original yang tayang di OTT).

Sedang untuk program non pemutaran film, terdapat sesi Masterclass (pelatihan untuk para profesional industri film dengan narasumber berpengalaman di industri film internasional), Talks (diskusi publik seputar industri film dengan panelis yang inovatif dan berpengalaman), Community (ruang berbagi komunitas film untuk memperluas jaringan dan bertukar pengetahuan dengan para ahli di industri film), Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek, dengan 3 proposal yang terpilih akan mendapatkan dukungan produksi, teknis dan pelatihan), serta Road to Jakarta Film Week (kegiatan yang berjalan menjelang acara puncak Jakarta Film Week 2022).

Rencananya, ajang Jakarta Film Week 2022 akan diadakan di lobi CGV Grand Indonesia, Jakarta pada 13-16 Oktober 2022.



Simak Video "Jakarta Film Week 2021 Diharapkan Jadi Penggerak Pemulihan Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT