ADVERTISEMENT

Brahmastra Part 1: Shiva Hapus 'Kutukan' Bioskop India

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 18 Sep 2022 15:31 WIB
Penampilan Shah Rukh Khan di teaser trailer Brahmastra: Part 1 Shiva.
Foto: dok. Dharma Productions
Jakarta -

Industri film Bollywood belakangan tengah dihajar masalah boikot dari masyarakat. Tidak sedikit film yang tayang di bioskop kena getah dari kampanye boikot ini sehingga pendapatan mereka pun berkurang. Penayangan film fiksi ilmiah Bollywood Brahmastra Part 1: Shiva dianggap akan jadi penghapus kutukan boikot tersebut.

Brahmastra Part 1: Shiva juga tidak lepas dari kampanye boikot. Namun film arahan Ayan Mukerji itu membuktikan bahwa mereka mampu untuk meraih pendapatan tinggi dengan cerita dan efek visual yang mereka tampilkan di layar lebar. Brahmastra Part 1: Shiva sudah tayang sejak 9 September 2022 di bioskop India. Beberapa jaringan bioskop Indonesia juga menayangkan film ini.

Sepanjang enam hari pertama penayangannya film ini sudah meraup lebih dari Rp374,4 miliar. Angka ini jauh lebih baik dari film adaptasi Forrest Gump yang diperankan Aamir Khan berjudul Laal Singh Chaddha beberapa waktu lalu. Film tersebut juga salah satu korban boikot netizen meski demikian tetap disambut di luar India.

Film ini tidak mendapatkan pemasukan seperti yang diprediksi bahkan disebut-sebut jadi film dengan pemasukan terendah dari Aamir Khan sepanjang sejarah penampilannya di layar lebar.

Kampanye boikot yang dilakukan masyarakat India terhadap film-film mereka mendapat reaksi beragam dari para aktor dan aktris. Tidak sedikit dari mereka menyuarakan kekecewaan karena seruan boikot ini. Para aktor dan aktris sangat vokal soal ini karena menurut mereka, boikot terhadap sebuah karya film tidak hanya merugikan pihak pembuat film tapi juga pemasukan negara secara umum.

Persoalan boikot memang kerap jadi masalah di sinema India. Bintang sekelas Shah Rukh Khan bahkan pernah menerima penolakan terhadap film Dilwale (2015) gegara komentar sang aktor soal intoleransi di India. Kini film terbarunya Pathaan yang bahkan belum tayang sudah ada suara sumbang boikot dari media sosial.

Kesuksesan Brahmastra Part 1: Shiva tentu jadi angin segar buat bioskop Bollywood yang setelah pandemi belum lagi menorehkan angka buat pemasukan sebuah film. Film ini juga mendapat pujian dari penonton meski ada pula kritik yang mengalir buatnya. Sejauh ini, Brahmastra Part 1: Shiva mendapat rating 50% di situs Rotten Tomatoes dan 5,5% di IMDb.

Brahmastra Part 1: Shiva berkisah tentang Shiva (Ranbir Kapoor) yang merupakan seorang Astra. Shiva punya kekuatan dengan elemen api dan ada Astra lain di muka bumi ini dengan kekuatan elemental lainnya seperti angin dan air.

Kehidupan Shiva seperti halnya pria biasa yang juga ingin berpesta pora. Ketika dia bertemu dengan Isha (diperankan Alia Bhatt), rahasia yang selama ini berusaha disimpannya mulai terkuak. Dia pun mencari tahu soal jati dirinya dan bertemu dengan Guru Arvind (Amitabh Bachchan) yang menjelaskan segala detail yang harus Shiva ketahui soal asal usul kekuatannya tersebut.



Simak Video "Penjelasan Polisi Terkait Mediasi Lesti-Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT