Rayakan HUT Indonesia Ke-77, Ini Harapan Sineas Film Tanah Air

ADVERTISEMENT

Rayakan HUT Indonesia Ke-77, Ini Harapan Sineas Film Tanah Air

Atta Kharisma - detikHot
Kamis, 18 Agu 2022 20:45 WIB
Disney+ Hotstar
Foto: Disney+ Hotstar

Sementara itu, aktris 'Ada Apa Dengan Cinta' Adinia Wirasti berharap ke depannya industri perfilman Indonesia dapat berkembang ke arah yang lebih inklusif dan variatif.

"Nomor satu, lebih inklusif. Segala ras, segala kepercayaan, segala lapisan masyarakat, classes, dan semoga filmmaker-nya seimbang di gender parity-nya. Terus terang saja, kemarin aku senang banget ketika main 'Doctor Foster' Indonesia 'Mendua'. Aku tahu ini nggak tentang kesetaraan gender, tidak imbang ya, tapi 75% HODs-nya kita itu perempuan dan kita menceritakan story tentang perempuan di dalam konfliknya mereka dan itu ngena banget," terangnya.

Ia pun mengaku merasa senang melihat bagaimana filmmaker perempuan mulai diakui dan disegani di Indonesia. Hal ini, sambungnya, diharapkan dapat mendorong inklusivitas serta kesetaraan gender di industri perfilman Tanah Air.

"Senang saja lihat filmmaker perempuan berdaya di Indonesia, diakui dan disegani, memotivasi dan inspiratif banget. Tidak sabar untuk melihat ragamnya sinema Indonesia jadi inklusif, aktris dan aktor utama jadi seimbang porsinya, dan filmmaker perempuan diakui keberadaannya bagi aku itu penting karena selama ini kita tahu filmmaking itu dunianya laki-laki," ucapnya.

Harapan yang sama turut disampaikan oleh pemeran 'Yang Hilang Dalam Cinta' Sheila Dara. Ia berharap ke depannya para sineas muda di Indonesia dapat lebih open-minded dalam mempelajari hal baru dari setiap karya yang mereka mainkan.

"Aku inginnya kita semua selalu bisa lebih open minded untuk menerima pelajaran dari setiap project yang kita mainkan, lebih open minded untuk bisa berempati sama karakter-karakter yang kita mainkan, dan menikmati proses yang kita jalani," ujarnya.

Sedangkan, penyanyi sekaligus aktris muda Mikha Tambayong berpesan kepada para insan muda perfilman Indonesia untuk tidak cepat merasa puas. Ia mengatakan para sineas harus mampu mengimbangi industri perfilman yang terus berkembang mengikuti teknologi yang ada.

"Aku selalu merasa kalau kita tidak pernah boleh puas sih. Karena dunia entertainment itu berkembang, kita mengikuti zaman, mengikuti teknologi yang ada. Jadi, kalau kita tidak mengikuti perkembangan zaman tersebut, kitanya juga tidak akan berkembang menurut aku. Itu merupakan satu skill yang harus dipunyai sama semua orang, keinginan untuk selalu mau belajar, keinginan untuk selalu mau menjadi lebih baik, karena itu penting banget sih," jelasnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT