ADVERTISEMENT

Film Pengabdi Setan 2: Communion Akan Dipasang 'Flash Warning'

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 10 Agu 2022 13:25 WIB
Pengabdi Setan 2
Foto: Dok. Rapi Film
Jakarta -

Film Pengabdi Setan 2: Communion masih tayang di seluruh bioskop di Indonesia. Popularitas film itu membuat banyak penonton bersuara soal perlunya penambahan flash warning atau peringatan cahaya kelap-kelip dalam film. Sebuah petisi kemudian dibuat oleh akun Cinefoxx ID di situs change.org yang kemudian dikabulkan pihak rumah produksi Rapi Films.

Dalam unggahan resminya di Instagram, Rapi Films membuat pengumuman soal penambahan flash warning di film Pengabdi Setan 2: Communion. Mereka juga mengungkapkan rasa terima kasih karena banyak penonton yang memberikan saran untuk menambahkan trigger warning tersebut.

"Terima kasih sudah mengingatkan kami, teman-teman. Mulai hari ini peringatan flash warning mulai dipasang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia," tulis Rapi Films di kolom keterangan unggahannya pada Selasa (9/8/2022).

"Film ini menggunakan efek lampu flash dan strobo yang bisa menimbulkan kekambuhan pada penderita epilepsi photosensitive." demikian isi poster yang diunggah ke Instagram Rapi Films.

[Gambas:Instagram]


Petisi penambahan peringatan cahaya kelap-kelip itu sebelumnya membutuhkan 1.000 tanda tangan di situs change.org. Petisi dimulai oleh akun Cinefoxx ID di situs change.org. Petisi itu dibuat karena sebagai salah satu penonton, Cinefoxx ID merasa Pengabdi Setan 2: Communion perlu menambahkan peringatan soal flash lights (cahaya kelap-kelip) yang begitu banyak muncul dalam film. Latar lokasi yang gelap dan hari hujan membuat film tersebut sarat akan cahaya kilat dari petir hingga penggunaan lampu senter dalam adegan.

Penambahan flash warning dianggap penting demi menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan kepada penonton yang sensitif akan cahaya kelap-kelip atau photosensitive viewers. Cahaya berkelip yang ada dalam film disebut berpotensi menimbulkan kejang-kejang atau epilepsi bagi photosensitive viewers.

"Petisi ini bertujuan untuk memberitahu dan mengajak pihak studio dari Pengabdi Setan 2 (Rapi Films) beserta pihak perusahaan-perusahaan bioskop di Indonesia agar menambahkan flash warning pada Pengabdi Setan 2 di seluruh bioskop Indonesia. Dimana peringatan ini bertujuan sebagai langkah preventif demi kenyamanan para penonton di dalam studio bioskop nanti," bunyi sebagian dari petisi tersebut.

"Sebagian orang akan merasa pusing dan mual ketika flashlight yang berkedip cepat ditambah kamera yang shaky. Oleh karena itu, sebaiknya bioskop memberi trigger warning," tulis salah seorang penonton yang mengisi petisi.

Di sisi lain, Pengabdi Setan 2: Communion kini sudah meraih penonton lebih dari 3 juta orang. Hari ini, Rabu (10/8/2022), diprediksi penonton film arahan Joko Anwar itu akan menembus angka 4 juta penonton.

Pengabdi Setan 2: Communion juga tayang dalam format IMAX. Itu merupakan film horor Indonesia pertama yang tayang di teater IMAX.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT