ADVERTISEMENT

Rusun Pengabdi Setan 2 Ditutup karena Ramai, Cuma Boleh Foto dari Luar

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Senin, 08 Agu 2022 21:26 WIB
Rusun mangkrak di kawasan Kalimalang, Bekasi, menjadi salah satu lokasi syuting film horor Pengabdi Setan 2: Communion. Begini suasana di rusun tersebut.
Foto: Shafira Cendra Arini
Jakarta -

Rusun mangkrak bernama Sumber Artha yang terletak di kawasan Bekasi kini jadi sorotan. Rusun yang terbengkalai pembangunannya itu jadi lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion. Berkat film Joko Anwar tersebut, rusun Sumber Artha ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Gegara dibanjiri pendatang, kini kawasan rusun Sumber Artha ditutup untuk publik. Namun mereka yang ingin foto-foto dari luar tetap diperbolehkan. Hal itu diungkapkan oleh Slamet, koordinator dan security dari rusun Sumber Artha ketika ditemui di lokasi pada Senin (8/8/2022).

"Boleh-boleh kalau di luar doang," kata Slamet.

Sejak penayangan Pengabdi Setan 2: Communion, rusun Sumber Artha ramai dikunjungi para pembuat konten. Namun karena alasan keselamatan, sejak Minggu (7/8/2022) lokasi ini ditutup.

"Ramai banget. Malam aja orang-orang ada yang datang. Takutnya membahayakan diri sendiri lah. Tetap aja takutnya ada apa-apa. Nanti penjaga atau security yang bertanggung jawab kalau ada apa-apa ya kan," papar Slamet.

Kawasan rusun Sumber Artha terpantau penuh gerobak sampah dan semak belukar. Di sisi gedung juga ada pohon pisang. Di area tersebut terdapat lahan parkir yang tersambung dengan area pasar.

Rusun mangkrak di kawasan Kalimalang, Bekasi, menjadi salah satu lokasi syuting film horor 'Pengabdi Setan 2: Communion'. Begini suasana di rusun tersebut.Rusun mangkrak di kawasan Kalimalang, Bekasi, menjadi salah satu lokasi syuting film horor 'Pengabdi Setan 2: Communion'. Begini suasana di rusun tersebut. Foto: Shafira Cendra Arini

Terlihat pula sebuah pohon randu atau kapuk yang di bawahnya terdapat gubuk. Gubuk ini digunakan buat keperluan bengkel. Ditempat itu juga berjejer gerobak pedagang kaki lima.

Area bawah rusun ini digunakan buat tempat usaha kecil-kecilan seperti warung kopi dan bengkel. Ada juga tempat bermain biliar di sana. Area bawah ditutupi dinding non-permanen. Kabarnya dinding itu dibuat agar orang tidak bisa naik ke atas gedung.

Sejak rusun Sumber Arta ramai dikunjungi penonton Pengabdi Setan 2: Communion, pedagang di lokasi sekitar mendapat dampak baik. Mereka meraup pundi-pundi uang lebih dan bisa buka lebih lama juga.

"Ya alhamdulillah rame, kemarin sore ramai," curhat pedagang yang sama.

"Pas setelah syuting (filmnya tayang) baru pada ke sini," katanya lagi.

Sosok pedagang kopi tersebut sudah lama menggelar lapak di sana. Bahkan sebelum syuting dilakukan oleh tim produksi. Dia mengenang selama syuting berlangsung, sekitar lokasi harus disterilkan.

Dia juga menceritakan proses syuting tidak berjalan terlalu lama. Hanya memakan waktu dua hari saja di lokasi tersebut.

"Syutingnya dua hari doang. (Sewaktu) syuting nggak ada yang nonyon. Orang kita di sini diminta tidak berisik. Yang main gitar, tukang ngamen, yang nongkrong di sini dibilangin kalau tempatnya sedang dipakai buat syuting," ungkapnya.

Sebenarnya selain Pengabdi Setan 2: Communion, lokasi rusun Sumber Arta juga sering digunakan buat lokasi syuting sinetron.

"Syuting buat sinetron, tapi crew-nya itu juga (sama) sering dipake syuting. Artisnya kemarin yang ibu ibu ubanan rambut putih," tutup dia.

(fbr/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT