ADVERTISEMENT

Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Serius Horor? Begini Cerita Warga Sekitar!

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Senin, 08 Agu 2022 19:44 WIB
Rusun Sumber Arta jadi populer setelah dijadikan lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion.
Foto: Febri/detikcom
Jakarta -

Rusun (rumah susun) Sumber Artha kini menjadi sorotan setelah digunakan sebagai lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion. Banyak yang menyebut tempat ini horor setelah film Joko Anwar itu tayang. Apa kata warga sekitar mengenai hal ini ya?

Disambangi detikcom pada Senin (8/8/2022), lokasi rusun Sumber Artha tampak setenang biasa. Di sekitar banyak tumpukan sampah. Dari luar memang tempat ini terlihat kosong dan memiliki nuansa horor tersendiri.

Namun menurut warna sekitar, tempat ini tidak semenyeramkan yang digambarkan dalam film.

"Nggak serem, biasa aja," kata seorang bapak pedagang kopi dan minuman yang menggelar lapak di depan rusun Sumber Artha, Bintara, Bekasi, Jawa Barat.

Menurutnya selama beraktivitas di lokasi tersebut, dirinya tidak pernah mengalami hal-hal mistis.

Rusun Sumber Arta jadi populer setelah dijadikan lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion.Rusun Sumber Artha jadi populer setelah dijadikan lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion. Foto: Febri/detikcom

"Biasa aja begini, kalau percaya (mistis) musyrik ya," lanjut dia.

Rusun Sumber Artha memang mangkrak pembangunannya. Hingga kini bangunan ini masih tak terselesaikan dan kosong. Dari luar dindingnya terlihat masih berlapis semen belum dicat. Ada beberapa jendela yang sudah dipasangi kusen dan kaca.

Lantaran Pengabdi Setan 2: Communion, rusun Sumber Artha kini ramai dikunjungi penonton. Hal itu memberi dampak baik buat pedagang di lokasi sekitar. Mereka meraup pundi-pundi uang lebih dan bisa buka lebih lama juga.

"Ya alhamdulillah rame, kemarin sore ramai," curhat pedagang yang sama.

"Pas setelah syuting (filmnya tayang) baru pada ke sini," katanya lagi.

Sosok pedagang kopi tersebut sudah lama menggelar lapak di sana. Bahkan sebelum syuting dilakukan oleh tim produksi. Dia mengenang selama syuting berlangsung, sekitar lokasi harus disterilkan.

Dia juga menceritakan proses syuting tidak berjalan terlalu lama. Hanya memakan waktu dua hari saja di lokasi tersebut.

"Syutingnya dua hari doang. (Sewaktu) syuting nggak ada yang nonyon. Orang kita di sini diminta tidak berisik. Yang main gitar, tukang ngamen, yang nongkrong di sini dibilangin kalau tempatnya sedang dipakai buat syuting," ungkapnya.

Sebenarnya selain Pengabdi Setan 2: Communion, lokasi rusun Sumber Artha juga sering digunakan buat lokasi syuting sinetron.

"Syuting buat sinetron, tapi crew-nya itu juga (sama) sering dipake syuting. Artisnya kemarin yang ibu ibu ubanan rambut putih," tutup dia.

(fbr/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT