ADVERTISEMENT

Pengisi Suara Ursula The Little Mermaid Meninggal Dunia

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 01 Agu 2022 15:48 WIB
Actress Pat Carroll, the voice of Ursula in the 1989 film,arrives at opening night of
Foto: WireImage/Janette Pellegrini
Jakarta -

Kabar duka datang dari dunia animasi Disney. Salah satu pengisi suara karakter villain ikonik mereka yakni Ursula di The Little Mermaid, Pat Carroll, meninggal dunia di usia 95 tahun. Pat Carroll meninggal dunia di rumahnya di Cape Cod, Massachusetts, akhir pekan lalu.

Kematian Pat Carroll dikabarkan oleh anak perempuannya, Kerry Karsian, lewat unggahan Instagram pribadinya. Pat Carroll meninggal dunia pada Sabtu (30/7/2022). Tidak dijelaskan oleh pihak keluarga penyebab meninggalnya Pat Carroll.

Pat Carroll lahir di Shreveport, Louisiana, pada 1927. Dia berkarier di industri televisi sejak 1948. Sepanjang kariernya di Hollywood, Pat Carroll pernah memenangkan Emmy Awards buat serial Caesar's Hour di 1956. Dia juga pernah menjadi bintang dalam acara Make Room for Daddy with Danny Thomas, The DuPont Show with June Allyson, The Danny Kaye Show, The Red Skelton Show, hingga The Carol Burnett Show.

Salah satu karakter ikonik yang diperankannya adalah Ursula buat produksi Disney The Little Mermaid. Awalnya peran itu akan diberikan kepada Joan Collins atau Bea Arthur, namun ketika sutradara Ron Clements dan John Musker serta tim musik Howard Ashman dan Alan Menken mendengarkan suara Pat Carroll menyanyikan Poor Unfortunate Souls, mereka langsung jatuh cinta.

Dalam sebuah wawancara, Pat Carroll menyebut Ursula sebagai peran favoritnya. Dia pun merasa sosok jahat selalu bisa membuat sebuah cerita jadi makin seru.

"Si jahat tua itu! Aku rasa orang-orang kagum pada karakter jahat seperti dia," katanya.

"Ada sebuah distraksi yang fatal soal karakter jahat karena kita tidak sering melihat mereka di dunia nyata. Jadi ketika kita melihatnya di layar, itu bikin kita kagum," lanjut Pat Carroll.

Kini suara Pat Carroll tetap abadi dalam film The Little Mermaid yang bisa disaksikan di Disney+. Tak hanya itu, dia juga mengisi suara Ursula di sekuel dan spinoff animasi tersebut. Bahkan suara Pat Carroll juga abadi di wahana bermain Disney Land.

Sejak perilisannya di 1989, The Little Mermaid sudah jadi salah satu film animasi klasik Disney yang legendaris. Ursula dan Poor Unfortunate Souls adalah salah satu yang ikonik dari film ini.

[Gambas:Youtube]




(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT