ADVERTISEMENT

Minions: The Rise of Gru Pecahkan Rekor 11 Tahun Lalu

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 05 Jul 2022 12:46 WIB
Jakarta -

Para Minion kembali 'menyerang' seluruh dunia dengan keimutan mereka di akhir pekan ini. Lewat Minions: The Rise of Gru, mereka berhasil mencatatkan rekor terbaru dengan meraih 128 juta USD atau senilai Rp 1,9 triliun lewat pemutaran domestik di Amerika Serikat dalam jangka waktu empat hari.

Raihan tersebut pun menjadi yang tertinggi setelah sebelumnya dipegang oleh Transformers: Dark of the Moon yang mampu meraih hingga 115 juta USD atau sebesar Rp 1,7 triliun pada 2011.

Minions: The Rise of Gru pun menjadi bukti atas perdebatan sebelumnya di mana muncul polemik bahwa orangtua masih ragu untuk membawa anak-anaknya menonton di bioskop di tengah pandemi ini mengingat pencapaian beberapa film bertema keluarga yang kurang menendang seperti Sonic the Hedgehog 2 dan Lightyear.

Dilansir dari CNN disebutkan jika kini keluarga sudah kembali nyaman untuk menyaksikan bioskop.

"Keluarga ingin berada di bioskop. Mereka ingin mengikuti tren yang ada," ujar Jim Orr, presiden distribusi teater domestik Universal, kepada CNN Business.

Selain itu keberhasilan para Minions juga disebabkan karena kualitas sinematografi yang apik hingga mendulang ulasan yang baik (memiliki skor 71% di Rotten Tomatoes), menjadi sekuel dalam waralaba yang menghasilkan sekitar $ 4 miliar di seluruh dunia dan menjadi tren baru di TikTok, setelah beberapa kreator membuat tren menonton bioskop mengenakan pakaian formal untuk menonton film.

Film Minions itu awalnya akan dirilis pada 2020, tetapi ditunda beberapa kali karena pandemi. Sementara film keluarga lainnya memutuskan untuk streaming, Universal memutuskan jika mereka hanya akan tayang di bioskop - sebuah strategi yang membuahkan hasil akhir pekan ini.

"Penampilan mengesankan oleh Minions: The Rise of Gru mungkin tidak ada jaminannya, mengingat hasil yang kurang dari bintang untuk beberapa film keluarga baru-baru ini," Paul Dergarabedian, analis media senior di Comscore (SCOR).

"Tapi daya tarik yang tak terbantahkan dari Minion konyol yang terkandung dalam film yang dieksekusi dengan sempurna hanya untuk bioskop adalah catnip sinematik murni untuk anak-anak dan orang tua," tambahnya.

Ada banyak nama-nama besar yang kembali mengisi di Minion: The Rise of Gru seperti Steve Carell dan Julie Andrews yang kembali mengisi suara Gru dan sang ibu. Lalu ada pula bintang baru seperti Michelle Yeoh, Taraji P Henson, RZA, Jean Claude Van Damme, Danny Trejo hingga Dolph Lundgren.

(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT