5 Film Animasi Paling Laris di Dunia

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 06 Agu 2021 14:25 WIB
Novel Frozen 2: Forest of Shadows
Deretan film animasi terlaris di dunia. Disney Books/ Istimewa
Jakarta -

Film animasi memiliki pasar tersendiri dan kadang justru jauh lebih luas dari genre film lainnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukai jalan cerita ataupun lucunya karakter yang ditampilkan di film animasi.

Tiap studio juga memiliki ciri khas dan gaya tersendiri dalam membuat animasi. Mulai dari kecanggihan teknologi untuk membuat film animasi terasa begitu nyata sampai gaya retro 2D pun masih memiliki peminatnya tersendiri.

Lalu apa saja film animasi paling laris di seluruh dunia? Berikut daftarnya:

The Secret Life of Pets- Rp 12,5 Triliun

Screen shoot film 'Life of Pet'Screen shoot film The Secret Life of Pets. Foto: Ist

The Secret Life of Pets adalah film animasi garapan Illumination Entertainment yang berkisah tentang kehidupan para hewan peliharaan yang tak diketahui oleh para pemiliknya.

Karakter utamanya adalah seekor anjing bernama Max (disuarakan oleh komedian Louis CK) yang tinggal bersama majikannya bernama Katie (disuarakan oleh Ellie Kemper) di Manhattan.

Tragedi terjadi ketika Katie pulang dengan membawa anjing baru bernama Duke (disuarakan oleh oleh Eric Stonestreet).

Duke, yang badannya jauh lebih besar dari Max, segera menjadi saingan utama. Max pun memutuskan untuk menunjukkan siapa yang paling berkuasa.

Ketika mereka sedang jalan-jalan, Max dan Duke terlibat dalam sebuah argumen yang membuat mereka nyasar ke gang gelap. Saat itulah mereka diserang oleh sekelompok kucing jalanan. Dan petualangan pun dimulai.

Film tersebut pun menuai sukses besar hingga mampu meraup hingga USD 875 juta atau senilai Rp 12,5 triliun dari penayangannya di seluruh dunia sejak dirilis pada 2016 lalu.


Lion King - Rp 15,5 Triliun

"THE LION KING"(L-R) Simba (voice by Jonathan Taylor Thomas), Rafiki (voice by Robert Guillaume)┬ęDisney Enterprises, Inc. All Rights Reserved. Foto: The LIon King (imdb)

Lion King berhasil menjadi film animasi 2D paling laris di dunia dengan catatan keuntungan sebesar USD 1,083 miliar atau senilai Rp 15,5 triliun.

Dirilis pada 1994 lalu, film yang berkisah tentang petualangan Simba bersama kawan-kawanya itu berhasil mendapatkan tempat khusus di hati para penontonnya.

Film tersebut pun sempat dibuat live actionnya, namun sayangnya tak berhasil sesukses film animasi tersebut dengan raihan mencapai USD 803 juta atau senilai Rp 11,5 triliun.

Minions - Rp 16,6 Triliun

Film MinionsFilm Minions Foto: Dok. Ist

Usai kemunculannya dalam film Despicable Me, para minion berhasil menarik hati para penonton. Terbukti dengan raihan mereka di film spin-off Minions yang meraup untung hingga USD 1,16 miliar atau senilai Rp 16,6 triliun dan melebihi raihan film aslinya.

Minions menceritakan tentang kisah para makhluk kuning penyuka pisang tersebut sebelum bertemu dengan Gru.

Mereka melanglang buana mencari majikan yang sangat jahat. Dan tak banyak yang sanggup bertahan dengan ulah yang dilakukan oleh mereka.

Hingga salah satu momen mereka bertemu dengan Gru dan memutuskan untuk mengikutinya selamanya.

Incredibles 2 - Rp 17,7 Triliun

Incredibles 2Incredibles 2 Foto: imdb.

14 tahun usai film pertamanya, Incredibles 2 berhasil meraih keuntungan hingga USD 1,24 miliar atau senilai Rp 17,7 triliun.

Keluarga superhero itu kembali beraksi dengan menyuguhkan tak hanya pertarungan seru tapi juga pergolakan di dalam keluarga.

Petualangan dimulai saat Helen harus terlibat dengan sebuah misi. Sementara usaha hidup normal tadi harus terus dijaga oleh Bob di rumah. Tak hanya itu, ia juga harus mengurus anak-anaknya, terutama Jack si bayi yang baru memiliki kekuatan super.

Cerita makin rumit saat musuh yang brilian dan amat berbahaya hadir. Namun Bob tak gentar, ia merasa tertantang untuk bertarung terlebih dengan bergabungnya Frozone dan superhero lainnya yang turut meramaikan aksi bersama keluarganya itu.

Frozen II - Rp 20 Triliun

Frozen IIFrozen II Foto: imdb.

Siapa bilang sekuel tak bisa sesukses film sebelumnya? Frozen II justru mampu meraih sukses besar dan melampaui seri pertamanya sebagai film animasi paling laris di dunia dengan meraup keuntungan hingga USD 1,45 miliar atau senilai Rp 20 triliun di seluruh dunia.

Frozen II menceritakan Elsa yang mulai mendengar suara aneh yang memanggilnya dari utara. Bersama Anna, Kristoff, Olaf, dan Sven, mereka berpetualang keluar dari Arendelle untuk mencari asal-usul kekuatan sihir Elsa dan menyelamatkan kerajaan mereka.

Di tengah perjalanan mereka pun terpisah dan Elsa berjuang sendirian melewati derasnya ombak serta kekuatan roh air yang akhirnya membawa dirinya menemukan asal dari kekuatan sihir es miliknya.



Simak Video "Pendapatan 'Encanto' di Pemutaran Perdana di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)