ADVERTISEMENT

Suara Chris Evans Soal Boikot Lightyear Gegara Adegan Gay

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 16 Jun 2022 16:20 WIB
Jakarta -

Film terbaru Disney dan Pixar Lightyear tidak boleh tayang di 14 negara karena adegan gay. Chris Evans sang pengisi suara karakter Buzz Lightyear dalam film tersebut berkomentar soal ini.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan saat premiere Lightyear di London, Chris Evans mengutarakan rasa kekecewaannya karena film ini tidak bisa disaksikan oleh banyak orang di banyak tempat. Dia juga menyayangkan bahwa karakter minoritas seperti lesbian yang ditampilkan dalam film juga masih belum bisa diterima semua orang.

"Kami jadi bagian dari sesuatu yang sudah selangkah lebih maju dalam hal keterlibatan sosial (menampilkan karakter LGBTQ+), tapi frustrasi rasanya tahu ada tempat yang tak begitu," kata Chris Evans.

Indonesia jadi salah satu negara yang tidak akan kebagian Lightyear di bioskop. Selain itu ada Malaysia dan negara-negara Arab Saudi yang juga menolak penayangan Lightyear karena konten di dalamnya. Disney disebut-sebut tidak ingin menghapus konten itu dengan alasan sensor. Mereka juga disebut tidak mau mengubah rating film ini dari Semua Umur ke 13 tahun ke atas hanya karena adegan lesbian tersebut.

Di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, di mana LGBT sangat ilegal, Lightyear juga sudah dipastikan tidak tayang. Awalnya adegan gay di Lightyear tersebut dipotong, tapi usai ribut-ribut karyawan Pixar mengklaim Disney dan Pixar memotong adegan tersebut, gambaran kasih sayang pasangan lesbian di Lightyear akhirnya dikembalikan. Kantor Regulasi Media UEA mengumumkan pada 13 Juni 2022 bahwa Lightyear tidak akan diputar kepada publik karena dianggap melanggar standar konten media di negara-negara tersebut.

Disney Indonesia sebelumnya sudah mengumumkan soal penayangan Lightyear di bioskop pada Juni 2022. Saat itu, memang belum diketahui ada adegan yang dipermasalahkan dalam film ini. Pixar dan Disney baru merilis poster dan trailer ketika media sosial Disney Indonesia memberitahukan soal penayangan Lightyear di bioskop.

Belakangan ramai di Twitter para pecinta film menyatakan kekecewaan mereka, karena tidak akan bisa menyaksikan Lightyear di layar lebar. Dalam percakapan antara satu pengguna Twitter dan pengguna Twitter lainnya disinggung pula soal adegan gay yang diperkirakan jadi alasannya.

"Gagal lagi nonton film Pixar di bioskop," tulis salah satu akun pecinta film di Twitter. Dalam cuitannya, akun tersebut mengunggah sebuah tangkapan layar ruang obrolan yang menyebutkan bahwa Lightyear tidak tayang di Indonesia.

Masih dalam thread yang sama, sebuah unggahan Instagram Story tampak menjelaskan soal nasib Lightyear di bioskop Tanah Air.

"Per hari ini, semua poster film Lightyear ditarik, dan ya batal tayang. Usut punya usut, kabarnya pihak Disney Indonesia ingin film ini ratingnya SU (semua umur) dan adegan LGBT+ tidak disensor, tapi pihak bioskop Indonesia mengaku tidak bisa, harus disensor dan (diberi) rating 13+, pihak Disney menolak," tulis unggahan itu.

Disney Indonesia maupun pihak bioskop belum memberikan pernyataan apapun soal penayangan Lightyear di Indonesia hingga perihal sensor ini.

(aay/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT