5 Kenangan Mieke Wijaya, dari Losmen Bu Broto hingga Tiga Dara

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 04 Mei 2022 12:41 WIB
Mieke Wijaya
Foto: dok. Instagram @alenia259
Jakarta -

Mieke Wijaya dikenal sebagai aktris senior Tanah Air yang sukses melanglang buana. Lebih dari 70 film sukses dibintanginya sepanjang kariernya sebagai pemain film.

Perempuan bernama lengkap Miecke Marie de Rijder atau Mieke Wijaya adalah seorang model sekaligus pemain film. Namanya melambung setelah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk tiga Piala Citra di Festival Film Indonesia.

Dia memenangkan ketiganya. Dua diantaranya sebagai Aktris Terbaik untuk perannya di film Gadis Kerudung Putih (1966) dan Kembang Semusim (1980).

Berikut 5 film yang pernah dibintangi oleh Mieke Wijaya, seperti dirangkum detikcom:

1. Losmen Bu Broto

Sinetron Losmen Bu Broto yang tayang di TVRI pada 1987 melambungkan nama Mieke Wijaya. Dalam serial tersebut, ia berperan sebagai Bu Broto yang menceritakan kehidupan sehari-hari keluarga Broto yang mengelola sebuah losmen.

Diciptakan, ditulis, dan disutradarai pasangan Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing, seri ini dibintangi Mieke Widjaja, Mang Udel, Sutopo H.S., Mathias Muchus, Ida Leman, Eeng Saptahadi dan Dewi Yull.

2. Gadis Kerudung Putih

Pada 1967, Mieke Wijaya menjadi Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat perannya di film Gadis Kerudung Putih.

Disutradarai oleh Djamal Harputra dan dibintangi Mieke Wijaya, Dicky Zulkarnaen, dan Rachmat Hidayat, film ini mendapatkan penghargaan di ajang Penghargaan Pekan Apresiasi Film Nasional 1967 untuk Pemeran Utama Wanita.

3. Ranjang Pengantin

Mieke Wijaya kembali mendapatkan penghargaan untuk kategori yang sama berkat film Ranjang Pengantin pada 1975 dan Kembang Semusim yang disutradarai MT Risyaf pada 1981.

Film ini menceritakan tentang kehidupan rumah tangga Bram dan Nona yang tidak direstui karena perjodohan yang telah dirancang oleh orang tua Nona. Mieke Wijaya berperan sebagai kakak pemeran utama pria yang bernama Bram.

4. Tiga Dara

Tiga Dara merupakan salah satu film terkenal yang dibintangi oleh Mieke Wijaya.

Film ini menceritakan tentang Nana (Mieke Wijaya), putri kedua dalam keluarganya yang memiliki gaya mewah.

5. Dosa Siapa

Film peninggalan Mieke Wijaya selanjutnya adalah Dosa Siapa. Dosa Siapa menceritakan tentang sebuah perkelahian di dalam bar.

Mieke Wijaya berperan sebagai Farida yang merupakan seorang ibu dari sang karakter utama yang ditangkap polisi.

Simak Video 'Duka Jajang C. Noer hingga Rano Karno Kenang Sosok Mieke Wijaya':

[Gambas:Video 20detik]




(tia/tia)