ADVERTISEMENT

Pengisi Suara Film Animasi Disney Aladdin Meninggal Dunia

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 13 Apr 2022 10:20 WIB
Gilbert Gottfried, pengisi suara Iago di Disneys Aladdin, meninggal di usia 67 tahun.
Foto: dok. Instagram @realgilbert
Jakarta -

Kabar duka datang dari pengisi suara film animasi Disney Aladdin (1992), Gilbert Gottfried. Aktor, pengisi suara, sekaligus komedian itu meninggal dunia di usia 67 tahun.

Keluarga Gilbert Gottfried mengumumkan lewat sebuah pernyataan di media sosial bahwa sang aktor telah berpulang. Rupanya pengisi suara karakter Iago, burung merah peliharaan Jafar, itu sudah lama berjuang melawan sakit.

"Dengan berat hati mengumumkan kepergian Gilbert Gottfried yang terkasih setelah lama sakit. Selain menjadi salah satu komedian ikonik, Gilbert adalah seorang suami yang luar biasa, saudara, teman, dan ayah dari dua anak," ungkap pihak keluarga dalam pernyataan mereka.

Karier Gilbert Gottfried di Hollywood terbilang panjang. Meninggalnya Gilbert Gottfried tidak hanya menyisakan duka buat keluarga, tapi juga para kerabat dan penggemar.

Di tahun 80-an, Gilbert Gottfried merupakan salah satu personel acara Saturday Night Live. Dia merupakan komedian utama dari acara yang masih eksis hingga saat ini. Namun, titik balik kariernya adalah ketika Disney merekrut Gilbert Gottfried mengisi suara Iago buat film animasi Aladdin.

Iago, karakter dalam film Disney's Aladdin (1992).Iago, karakter dalam film Disney's Aladdin (1992). Foto: dok. Disney

Selain itu, Gilbert Gottfried juga kerap tampil di layar kaca dan film layar lebar. Dia pernah membintangi Hannah Montana, Arrested Development, Wings, hingga Spongebob Squarepants.

Suara unik Gilbert Gottfried bisa didengar di banyak karyanya sepanjang beberapa dekade. Sang aktor juga dikenal karena jago menirukan selebritas lain dalam setiap penampilannya.

Gilbert Gottfried menikah dengan Dara di tahun 2007 dan memiliki dua anak yaitu Lily dan Max.

"Meski hari ini penuh duka buat kami, tapi tetaplah tertawa keras untuk menghormati Gilbert," tutup pihak keluarga.

[Gambas:Instagram]



(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT