ADVERTISEMENT

Aktor Legendaris Hong Kong, Jimmy Wang Yu Meninggal Dunia

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Jumat, 08 Apr 2022 04:10 WIB
Jimmy Wang Yu dalam film One Armed Swordman (1967).
Jimmy Wang Yu di film One Armed Swordman (1967). Dok. Ist
Jakarta -

Sebelum nama Bruce Lee, Jet Li, dan Jackie Chan populer di industri hiburan Mandarin, nama Jimmy Wang Yu lebih dulu terkenal. Aktor yang dikenal sebagai pemeran utama dalam film One Armed Swordsman ini dikabarkan telah menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 5 April 2022 di usia 79 tahun.

Jimmy Wang Yu merupakan seorang aktor Taiwan. Selain menjadi seorang aktor, ia juga merupakan sutradara, produser film, dan penulis naskah. Ia pertama kali muncul sebagai pemeran utama dalam film One Armed Swordsman tahun 1967.

Saat itu, film tersebut berhasil mencetak rekor baru karena telah meraup satu juta penonton. Sejak saat itu, Jimmy mendapat gelar sebagai "Aktor Satu Juta Penonton". Sayangnya, beberapa waktu lalu kabar duka datang dari aktor veteran ini. Ia dikabarkan meninggal pada usia 80 tahun.

Putri sulungnya yang merupakan penyanyi, Linda Wong mengumumkan berita duka ini melalui akun Facebooknya. Ia mengatakan bahwa Jimmy telah menderita stroke keduanya sejak tahun 2016. Sampai pada akhirnya, ia meninggal dalam tidurnya pada pagi hari, di Rumah Sakit Umum Cheng Hsin, Taipei.

Jimmy Wang Yu dalam film One Armed Swordman (1967).Jimmy Wang Yu dalam film One Armed Swordman (1967). Foto: Dok. Ist

"Entah di dalam atau di luar layar, ayahku merupakan sosok yang ramah dan sopan. Kami akan selalu merindukan sosok ayah. Kami juga percaya bahwa citra sebagai salah satu pendekar dalam One Armed Swordsman akan selalu dikenang di hati para penggemar," tulis Linda Wong dikutip dari 8 Days.

Sebelumnya, Jimmy sempat mengalami stroke ringan pada tahun 2011 yang mengakibatkan sisi kiri tubuhnya lumpuh. Lalu, pada 2016 ia menderita stroke untuk kedua kalinya saat berada di Bangkok. Saat itu, ia bahkan pingsan di bandara dan harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi.

Ia pun kembali ke Taiwan dengan pesawat khusus medis di tahun yang sama dan dirawat di rumah sakit selama lima tahun. Kemudian, Jimmy akhirnya diperbolehkan pulang pada tahun 2021. Padahal menurut keterangan dari putri keduanya, Carol, Jimmy masih harus menjalani fisioterapi.



Simak Video "Momen Kiki Amalia Dihadiahi Kalung Berlian di Hari Pernikahannya"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT