ADVERTISEMENT

Nasib Piala Oscar Will Smith usai Tampar Chris Rock

Tim detikcom - detikHot
Senin, 28 Mar 2022 20:42 WIB
Will Smith, right, hits presenter Chris Rock on stage while presenting the award for best documentary feature at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello)
Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello
Jakarta -

Terjadi kehebohan di Oscar 2022 usai Will Smith naik ke panggung dan menampar Chris Rock. Kini piala sang aktor yang baru saja menang kategori Best Actor terancam dirampas balik oleh The Academy.

Seorang sumber dari industri Hollywood menyebutkan, apa yang dilakukan oleh Will Smith berlawanan dengan kode etik yang dijunjung oleh The Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Selama ini The Academy dikenal punya kode etik yang ketat.

"Ini bisa dibilang sebuah penyerangan. Semua yang ada di ruangan itu terkejut dan merasa tidak nyaman. Tapi kurasa Will tidak ingin mengembalikan pialanya, apapun yang terjadi siapa yang tahu?" kata sumber tersebut kepada New York Post dikutip Senin (28/3/2022).

Pada 2017, The Academy pernah merilis kode etik usai banyaknya skandal pelecehan seksual mencuat di industri hiburan. Tercantum di sana, mereka mengisyaratkan soal menjunjung tinggi lingkungan yang suportif serta saling menghargai.

"Dalam menerima penghargaan ini, para anggota Academy haruslah bertindak secara etis dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, penyertaan, dan menciptakan lingkungan yang suportif dalam menciptakan kreativitas," kata CEO AMPAS Dawn Hudson kala itu.

Usai gelaran Oscar 2022, akun Twitter The Academy menulis cuitan menyinggung kejadian di panggung.


"The Academy tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apapun," tulis mereka.

Sementara itu, pihak kepolisian Los Angeles juga telah mengetahui insiden di Oscar 2022. Namun hingga kini tidak ada laporan atas kejadian itu.

"Kalau mereka ingin membuat laporan ke polisi nantinya, kepolisian LA akan selalu sedia untuk menyiapkan dokumen investigasi," kata pihak LAPD dikutip dari sumber yang sama.

Will Smith menampar Chris Rock karena komedi mengejek rambut istrinya. Ia pun meminta maaf usai setelahnya diganjar Oscar. Kejadian itu terjadi usai Chris Rock menyindir dirinya tak sabar menonton sekuel G.I Jane yang muncul untuk mengejek kepala gundul Pinkett Smith.

Tiba-tiba, Smith melompat berdiri, berjalan ke arah Rock dan menamparnya. Sebelum kembali ke tempat duduknya, Smith berteriak kepada Rock.

"Jangan sebut nama istriku," berulang kali saat kerumunan terdiam dan Rock diam tak bisa berkata-kata.

Tonton video 'Permintaan Maaf Will Smith Saat Terima Piala Oscar':

[Gambas:Video 20detik]



(aay/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT