ADVERTISEMENT

Festival Film Wartawan Indonesia 2022 Ajak Merayakan Film Indonesia

dar - detikHot
Senin, 21 Mar 2022 11:51 WIB
Festival Film Wartawan Indonesia
Foto: Festival Film Wartawan Indonesia
Jakarta -

Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) kembali akan digelar. Pada 2022, ini adalah gelaran ke-12 dari ajang tersebut.

FFWI 2022 rencananya bakal berlangsung pada 30 Maret 2022, tepat pada Hari Film Nasional 2022. Kali ini, gelaran tersebut mengangkat tema Merayakan Film Indonesia.

Wina Armada Sukardi, Ketua Panitia FFWI, menyebut tema itu berkaitan dengan pandemi COVID-19 yang ikut memberikan dampak besar bagi perfilman. Namun menurutnya industri perfilman tetap kokoh dan bahkan berkembang.

"Terlepas dari pelbagai permasalahan yang ada, dalam kaitan itu, perfilman Indonesia masih tetap eksis. Untuk itu kita selayaknya bersyukur dan merayakanya," katanya dikutip dari siaran persnya.

Wina Armada Sukardi juga menjelaskan alasan di balik FFWI digelar bersamaan dengan Hari Film Nasional. Ia menyebut keduanya memiliki keterkaitan erat.

Diketahui, Hari Film Nasional diambil dari tanggal pengambilan pertama adegan film Long March karya Usmar Ismail. Tahun lalu, Usmar Ismail sebagai Bapak Perfilman Indonesia ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Di luar dunia film, Usmar Ismail adalah tokoh wartawan dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

"Oleh lantaran itu korelasi antara HFN dan FFWI sangat kuat," jelas Wina.

Tahun lalu, FFWI hanya punya tiga kategori genre film, ayitu Drama, Komedi dan Horor. Pada 2022 akan ada satu genre tambahan, yaitu Action atau Laga.

"Di luar dugaan, produksi film Indonesia terus bertumbuh," ujar Ketua Bidang Penjurian FFWI, Yan Widjaya.

Pada setiap genrenya, akan dinilai sembilan unsur, yaitu aktor dan artis utama, aktor dan artis pendukung, penulis skenario, penyunting/editor, DOP/penataan kamera, sutradara dan film terbaik.

(dar/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT