Batman Ternyata Jago Silat, Robert Pattinson Belajar dari Indonesia

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 07 Mar 2022 18:02 WIB
The Batman
Aksi Robert Pattinson di film The Batman. Dok. Warner Bros
Jakarta -

Jika Anda telah menyaksikan film The Batman maka kalian pastinya sadar bahwa sang pahlawan dari Gotham City itu lebih mengandalkan bela diri dengan tangan kosong dibandingkan senjata canggih yang biasa digunakan di film-film sebelumnya.

Bahkan sempat ramai juga soal Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson itu disebut-sebut jago beladiri dan memakai silat sebagai jurusnya untuk menghadapi para kriminal di kota tersebut. Lantas bagaimana penjelasannya?

Lewat salah satu komiknya memang disebutkan bahwa Batman pernah bertemu dengan seorang yang mempelajari silat dari Indonesia yakni Silat Cikalong yang berasal dari Jawa Barat seperti yang dimuat pada komik Batman: Legends of The Dark Knight vol 123 yang dirilis pada 1999.

Pada komik tersebut Batman tampak berusaha menghalau para penjahat di kota yang dijuluki No Man's Land. Di sana ia pun bertemu seorang kakek tua yang merupakan ahli beladiri yang membantu para warga.

Batman pun langsung mengetahui jenis beladiri yang digunakan itu adalah silat.

"Beladiri yang kau pakai adalah silat bukan?" tanyanya.

"Matamu sungguh jeli. Ini disebut Chikalong dari Jawa Barat," jawabnya.

Namun dalam komik itu hanya dijelaskan jika salah satu karakter bernama Bock atau Hardback lah yang belajar silat dari sang kakek untuk menjaga para warga di sana.

Dalam wawancara dengan Den of Geek pada Senin (14/2/2022), Robert Pattinson mengaku bekerja keras mempelajari koreografi untuk film tersebut dengan Rob Alonzo yang menjadi koordinator pengawas stunt.

"Kami menggunakan semuanya sesuai gaya bertarung (bela diri) Indonesia dengan menggunakan dua tongkat dan gerakannya disesuaikan dengan itu," ujar sang aktor.

Hasilnya pun dapat disaksikan lewat aksi keren nan brutal sang superhero di film tersebut. Adegan-adegan aksi yang disuguhkan pun minim CGI dan memberikan kesan lebih nyata dibandingkan film-film sebelumnya.

Bahkan Batman versi Matt Reeves ini disebut paling nyata dan gelap di sepanjang sejarah sinema dari karakter DC tersebut.



Simak Video "Robert Pattinson Dikonfirmasi Kembali Bintangi Sekuel 'The Batman'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)