ADVERTISEMENT

Film India Gangubai Kathiawadi Laris di Bioskop, Raup Rp 74,7 Miliar dalam 3 Hari

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 01 Mar 2022 12:21 WIB
Gangubai Kathiawadi
(Foto: dok. Pen Marudhar Entertainment) Alia Bhatt di Gangubai Kathiawadi.
Jakarta -

Alia Bhatt kini tengah jadi pusat perhatian usai memerankan Ganga Harjivandas dalam film Gangubai Kathiawadi arahan Sanjay Leela Bhansali. Film ini meresmikan diri jadi yang paling populer di layar bioskop India sepanjang akhir pekan lalu.

Gangubai Kathiawadi merupakan film biografi drama yang diangkat dari kisah nyata Gangubai Harjivandas atau yang lebih populer dengan nama Gangubai Kothewali. Kehidupannya didokumentasikan dalam buku berjudul Mafia Queens of Mumbai yang ditulis oleh S. Hussain Zaidi. Versi filmnya menghidupkan kisah seorang perempuan asal Kathiawad, India bagian barat, yang sebenarnya sederhana namun karena tak ada pilihan lain dia pun menjalani takdirnya dan jadi kriminal.

Sosok Ganga Harjivandas sebenarnya ingin jadi aktris Bollywood. Di usia 16 tahun dia jatuh cinta pada seorang pria bernama Ramnik Lal yang merupakan akuntan sang Ayah lalu menikah di Mumbai. Rupanya kisah cinta itu berjalan tak baik karena Ramnik Lal malah menjual Gangubai Kathiawadi ke rumah bordil di Kamathipura seharga Rs 500 dan di situlah dia mulai terlibat prostitusi.

Namun kisahnya tidak berhenti sampai di sana. Selama tinggal di Kamathipura, Ganga Harjivandas bertemu dengan seorang pria yang kemudian membantunya balas dendam pada orang-orang yang pernah memperkosa dirinya.

Film ini pertama kali ditayangkan di 72nd Berlin International Film Festival pada 16 Februari 2022 dan menyusul tayang di bioskop India mulai 25 Februari 2022. Saat pemutaran di festival, film ini mendapat sambutan meriah dan standing ovation dalam durasi yang mengagumkan.

Sejak penayangannya di bioskop, Gangubai Kathiawadi telah meraup Rs 39,20 crore sepanjang akhir pekan lalu. Jumlah ini setara dengan Rp 74,7 miliar. Angka tersebut berhasil diraih oleh Gangubai Kathiawadi hanya dalam waktu tiga hari setelah penayangannya di berbagai layar di kawasan India.

Gangubai Kathiawadi ikut juga diperankan oleh Shantanu Maheshwari, Vijay Raaz, Indira Tiwari, Seema Pahwa, Varun Kapoor, Jim Sarbh, dan penampilan khusus Ajay Devgn sebagai Rahim Lala. Rahim Lala adalah sosok pria yang membantu sang pemeran utama membalaskan dendamnya.

Penampilan Alia Bhatt buat Gangubai Kathiawadi sempat mencuri perhatian juga. Dalam poster dia tampak mengenakan busana putih dengan kain sari, duduk di atas tempat tidur sambil mengangkat sebelah kaki. Dia juga tampak mengenakan kaca mata hitam, kontras dengan penampilan tradisional yang dia kenakan.

(aay/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT