Kini Netizen Bisa Bikin Film Lokal Berjaya di Oscar 2022

ADVERTISEMENT

Kini Netizen Bisa Bikin Film Lokal Berjaya di Oscar 2022

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 15 Feb 2022 12:35 WIB
Film Yuni
Poster film Yuni. Dok. Instagram
Jakarta -

Akankah Yuni kembali ke Oscar? Atau mungkin film-film Tanah Air lainnya bersaing di ajang tersebut? Kini hal itu menjadi kenyataan setelah munculnya kategori baru yang dipilih penggemar di Academy Awards 2022.

Hal itu dapat membantu untuk membuka jalan bagi blockbuster Indonesia untuk tampil di kancah tertinggi penghargaan film melalui pemilihan di media sosial seperti Twitter.

Mulai Senin, pengguna Twitter dapat memilih film favorit mereka pada 2021 dengan men-tweet judulnya bersama dengan #OscarsFanFavorite dan #Sweepstakes. Selain itu kita juga bisa memilih lewat situs resmi Oscar 2022. Suara akan dihitung untuk film apa pun, bahkan jika film itu tidak menerima satu pun nominasi Oscar.

Setiap pengguna dapat memilih hingga 20 kali per hari. Film pemenang kemudian akan terungkap selama siaran Academy Awards, yang akan diadakan pada 27 Maret.

Periode pemungutan suara berlangsung dari 14 Februari hingga 3 Maret. Tak hanya itu saja, tiga pengguna Twitter yang telah memberikan suara mereka akan dipilih untuk perjalanan ke Los Angeles untuk menyaksikan penghargaan Oscar.

"Kami sangat senang bermitra dengan Twitter untuk membantu membangun audiens digital yang terlibat dan bersemangat menjelang upacara tahun ini," kata Meryl Johnson, wakil presiden pemasaran digital Academy.

"Oscar adalah kesempatan untuk menyatukan orang-orang di seluruh dunia melalui kecintaan mereka terhadap film, dan melalui aktivasi ini, pengguna media sosial di seluruh dunia sekarang memiliki lebih banyak kesempatan untuk terlibat dengan pertunjukan secara real-time, menemukan komunitas, dan menjadi bagian pengalaman dengan cara yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya," tambahnya.

Kontes Twitter lainnya akan berlangsung dari 24 Februari hingga 3 Maret, dengan pengguna memberikan suara di #OscarsCheerMoment. Untuk kategori baru ini, pemilih akan menentukan momen film favorit mereka pada 2021, dan adegan pemenang akan ditampilkan selama Oscar dengan tweet penggemar. Lima orang yang beruntung akan menerima tiket film gratis setahun penuh di teater pilihan mereka, langganan streaming, dan item eksklusif dari Academy Museum Store.

Pada 2019, Oscar sempat melakukan pengujian sistem tersebut dengan kategori film paling populer yang diharapkan membawa lebih banyak film komersial mainstream ke perlombaan penghargaan. Namun, sayangnya itu hanya berumur pendek dan dihapus setelah penolakan dari kritikus dan pemilih Oscar.

Selain Yuni ada banyak film lokal yang menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Mulai dari Seperti Rindu Dendam Harus Dibayar Tuntas, Penyalin Cahaya hingga Paranoia yang kini berkesempatan untuk bersaing di kategori baru tersebut.



Simak Video "Film 'Yuni' Tak Berhasil Masuk Nominasi Oscar 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT