ADVERTISEMENT

Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia, Menparekraf Sandiaga Uno Gelar Festival Film

Mauludi Rismoyo - detikHot
Jumat, 04 Feb 2022 19:34 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno resmikan Creative Hub Labuan Bajo
Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia, Menparekraf Sandiaga Uno Gelar Festival Film. (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di bidang film, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin oleh Sandiaga Uno beserta jajarannya menyelenggarakan festival film pendek. Acaranya bertajuk Family Sunday Movie (FSM) 2022.

Diselenggarakannya festival film pendek FSM 2022 ini sendiri adalah sebagai wujud komitmen dari Kemenparekraf dalam mengapresiasi, memfasilitasi, serta memperluas jaringan para filmmaker.

Selain itu juga, festival ini diharapkan bisa mendukung para komunitas film lokal agar dapat melahirkan generasi baru yang nantinya bisa menjadi motor penggerak di dalam industri kreatif perfilman di Indonesia.

Ajang ini juga sekaligus menjadi wadah bagi para pelaku film di daerah pelosok Indonesia untuk bisa menghasilkan karya-karya asli yang berkualitas dan dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Mari kita manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas," ujar Sandiaga Salahuddin Uno.

Festival Family Sunday Movie 2022 ini dapat diikuti oleh siapa pun, mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas film, hingga pelaku dunia kreatif di seluruh Indonesia pun bisa berpartisipasi.

Terdapat beberapa syarat yakni sutradara, produser, dan penulis naskah dalam film yang didaftarkan nantinya adalah Warga Negara Indonesia atau berdomisili di Indonesia.

Selanjutnya, kategori film pendek yang disediakan merupakan fiksi atau dokumenter yang dalam pembuatannya dilakukan di Indonesia.

"Boleh angkat tema apa pun selama tidak mengandung SARA," tutur Sandiaga Uno.

Nantinya, FSM melalui dewan juri yang menilai akan memilih 2 film pendek setiap bulan dan para pemenang akan mendapatkan sertifikat, uang tunai, merchandise, publikasi pada portal media nasional, serta hadir dalam acara Meet and Greet bersama Menteri Sandiaga Uno beserta para sineas nasional secara virtual yang disiarkan langsung di kanal Youtube Kemenparekraf.

Kemudian, setiap film yang telah terpilih akan otomatis menjadi nominasi di malam penghargaan FSM yang diadakan pada bulan November mendatang.

Jadwal pendaftaran untuk festival film pendek Family Sunday Movie 2022 sudah dibuka mulai dari tanggal 2 sampai 12 Februari 2022. Segera daftarkan karyamu melalui www.familysundaymovie.com.

(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT