Menyoal Penulis Skenario Penyalin Cahaya Hilang di <i>Credit Title</i>

ADVERTISEMENT

Menyoal Penulis Skenario Penyalin Cahaya Hilang di Credit Title

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 12 Jan 2022 09:33 WIB
Film Penyalin Cahaya
Salah satu penulis skenario Penyalin Cahaya hilang dari credit title Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Penyalin Cahaya menjadi salah satu film yang jadi sorotan. Namun, salah satu nama penulis skenario Penyalin Cahaya hilang dari credit title.

Henricus Pria adalah salah satu penulis skenario Penyalin Cahaya yang hilang dari credit title. Film peraih 12 Piala Citra itu baru saja akan dirilis di Netflix.

Dari credit title di Netflix, nama penulis yang dicantumkan hanya Wregas Bhanuteja. Wregas Bhanuteja juga merupakan sutradara.

Henricus Pria yang merupakan co-writer skenario Penyalin Cahaya tak dicantumkan namanya di credit title. Padahal Wregas Bhanuteja dan Henricus Pria adalah berhasil membawa pulang Piala Citra sebagai Penulis Skenario Asli Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI).

Hilangnya nama Henricus Pria sebagai penulis skenario Penyalin Cahaya juga hilang dalam daftar kru yang dicantumkan di situs resmi Rekata Studio. Berikut daftar nama kru yang tercantum dalam situs resmi Rekata Studio:

Kru
Sutradara: Wregas Bhanuteja
Penulis: Wregas Bhanuteja
Produser: Adi Ekatama, Ajish Dibyo
Produser Eksekutif: Willawati, Dani Rahadian
Co-Produser: Robin Moran
Associate Produser: M. Bisri Mustova, Aurizka Marta, Angga Rulianto
Penata Artistik: Dita Gambiro
Penata Sinematografi: Gunnar Nimpuno
Editor: Ahmad Yuniardi
Perekam Suara: Sutrisno
Penata Suara: Satrio Budiono
Penata Kostum: Fadillah Putri Yunidar
Penata Rias: Astrid Sambudiono
Penata Musik: Yennu Ariendra
Penata Peran: Melinda Risa
Perusahaan Produksi: Rekata Studio, Kaninga Pictures

Henricus Pria pernah muncul ketika menerima Piala Citra bersama Wregas Bhanuteja pada 21 November 2021. Saat itu, Henricus Pria memberikan sambutannya.

Nama penulis skenario Penyalin Cahaya hilang dari credit title.Nama penulis skenario Penyalin Cahaya hilang dari credit title. Foto: dok. Capture Netflix

"Selama berbulan-bulan pandemi, saya terkurung bersama Wregas Bhanuteja untuk menulis skenario ini. Hanya berdua. Apa yang saya pelajari dari proses ini adalah bahwa ketika menulis film dengan isu yang penting, kita semua tidak hanya melihat ke luar, tapi kita juga melihat ke dalam diri untuk belajar. Dan, hanya dengan belajar kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Dan, tentu saja naskah yang sudah kita tulis hanya akan jadi setumpuk kertas yang tertumpuk di sudut kantor berdebu, jika tanpa produser kami yang mempercayai saya sebagai juru ketik," kata Henricus Pria saat itu.

Sampai saat ini detikcom masih berusaha menghubungi tim Penyalin Cahaya untuk mempertanyakan alasan dihapusnya nama Henricus Pria sebagai penulis skenario dari credit title.



Simak Video "Borong Piala Citra, Produser 'Penyalin Cahaya': Semoga Pesan Tersampaikan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT