Round-Up

Heboh Ada Kru Penyalin Cahaya Diduga Lakukan Pelecehan Seksual

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 11 Jan 2022 06:30 WIB
Film Penyalin Cahaya
Poster film Penyalin Cahaya. Dok. Instagram
Jakarta -

Penyalin Cahaya menjadi salah satu film yang ramai dibahas dengan beragam penghargaan yang telah diraihnya. Respons positif pun diberikan oleh para kritikus terkait film garapan Wregas Bhanuteja itu. Bahkan mereka berhasil mendominasi Festival Film Indonesia 2021 dengan membawa pulang 12 piala.

Namun keharuman film tersebut sedikit terusik dengan kabar yang baru-baru ini beredar di dunia maya. Muncul isu terkait pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh salah satu kru di balik film Penyalin Cahaya.

Tim film Penyalin Cahaya pun langsung menyatakan sikapnya melalui sebuah unggahan di Instagram. Mereka langsung mencoret kredit nama pihak terlapor itu dari film tersebut.

"Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas. Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami. Proses syuting film 'Penyalin Cahaya' yang berjalan dengan aman selama 20 hari di Januari 2021 adalah bukti komitmen kami.

Berdasarkan informasi yang kami terima dari suatu komunitas yang mengelola pelaporan terhadap peristiwa pelecehan seksual, kami mendapati sebuah nama dari tim film 'Penyalin Cahaya' tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya.

Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film 'Penyalin Cahaya' dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film 'Penyalin Cahaya' dan Rekata Studio.

Rekata Studio & Kaninga Pictures sangat serius dalam menyikapi kejadian ini dan kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat.

Terima kasih," tutupnya.

Hingga saat ini pun belum jelas siapa sebenarnya terlapor yang diungkapkan tersebut. detikcom tengah berupaya meminta keterangan langsung dari pihak Rekata Studio & Kaninga Pictures, tapi masih belum mendapat jawaban.

Film Penyalin Cahaya mengisahkan tentang mahasiswi berprestasi penerima beasiswa bernama Sur yang tengah menghadiri pesta kemenangan teater kampusnya. Dia tiba-tiba tidak sadarkan diri dan baru menyadari jika foto selfienya yang tengah mabuk tersebar.

Hal tersebut membuatnya kehilangan beasiswa karena dianggap mencemarkan nama baik fakultas. Oleh karena itu, Sur meminta Amin, sahabatnya yang merupakan pemilik kios fotokopi di kampus untuk menyelidiki apa yang terjadi pada dirinya ketika berada di pesta.

Penyalin Cahaya dihiasi bintang muda berbakat, mulai dari Shenina Cinnamon (Sur), Chicco Kurniawan (Amin), Lutesha (Farah), Jerome Kurnia (Tariq), Dea Panendra (Anggun), hingga Giulio Parengkuan (Rama).

Tak lupa film ini juga didukung oleh aktor-aktor kawakan Indonesia seperti Lukman Sardi, Ruth Marini, Rukman Rosadi, sampai Landung Simatupang.



Simak Video "Tindak Lanjut Tim Film Penyalin Cahaya Atas Isu Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)