Festival Film Italia Pertama di Indonesia Digelar 5 - 11 Desember 2021

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 03 Des 2021 18:29 WIB
Italian Film Festival
(Foto: dok. Italian Film Festival) Festival Film Italia digelar mulai 5 Desember 2021 hingga 11 Desember 2021. Semua film di festival ini bisa disaksikan dengan teks Bahasa Inggris. Cek infonya!
Jakarta -

Sebuah sajian untuk para pecinta film di Indonesia hadir di bulan Desember ini. Italian Film Festival akan digelar untuk pertama kalinya di Indonesia.

Italian Film Festival ini digelar berkat kolaborasi antara Kedutaan Besar Italia untuk Indonesia dan Italian Cultural Institute bersama dengan Cinecittà. Pemutaran filmnya sendiri akan dilakukan secara online lewat platform MyMovies.

Sederet film akan ditayangkan dalam event Italian Film Festival ini. Buat gelaran pertama ini, film-film yang akan ditampilkan merupakan karya sinematik yang dirilis antara tahun 2019 hingga 2021. Ada total 9 film yang akan diputar dalam event ini.

Volevo nascondermi (Hidden Away) karya Giorgio Diritti bakal jadi salah satu headliner di Italian Film Festival tahun ini. Sebelumnya film ini telah menerima penghargaan Orso d'Argento untuk kategori Best Actor untuk Elio Germano di ajang Berlin International Film Festival ke-70.

Volevo nascondermi (Hidden Away)Volevo nascondermi (Hidden Away) Foto: dok. imdb

Selain Volevo nascondermi (Hidden Away), Italian Film Festival juga akan memutar film Padrenostro yang disutradarai oleh Claudio Noce. Film ini mengantarkan nama Piefransesco Favino sebagai peraih Coppa Volpi/Volpi Cup for Best Actor di Venice Film Festival 2020. Padrenostro juga diganjar Nastro d'Argento sebagai Best Story tahun ini.

Volevo nascondermi (Hidden Away) merupakan film tentang pelukis Italia, Antonio Ligabue, yang menggambarkan perjuangan sang seniman dengan segala kondisi fisik dan kesehatan mentalnya. Film ini mendapatkan respons positif di penayangan perdananya di Berlin International Film Festival awal 2020.

Sedangkan Padrenostro merupakan film coming-of-age yang ditulis dan disutradarai oleh Claudio Noce, berlatar Roma tahun 1976. Ceritanya berpusat pada Valerio, bocah 10 tahun yang bersama dengan ibunya menyaksikan usaha pembunuhan terhadap sang Ayah, Alfonso, yang dilakukan oleh teroris.

[Gambas:Youtube]


"Kami ingin menawarkan film-film produksi terbaru dari para sutradara dan penulis skenario yang ingin menampilkan potret kehidupan kontemporer di Italia lewat berbagai aspek yang diwakili lewat para protagonis yang ditafsirkan dalam kehidupan nyata atau imajiner, gambaran para pasangan, kebahagiaan, cinta, hingga kekayaan," kata perwakilan dari Italian Film Festival, Maria Battaglia, dalam rilis resmi yang diterima detikcom.

Selain itu, akan diputar juga film karya sutradara dan penulis skenario , D'Innocenzo Brothers, Francesco Bruni, Giuseppe Bonito, Mauro Mancini, Pietro Castellito, Phaim Bhuiyan, dan Edoardo Falcone. Film-film yang diputar juga menampilkan aktor dan aktris papan atas seperti Kim Rossi Stuart, Alessandro Gassman, Pierfrancesco Favino, Elio Germano, Marco Giallini, Paola Cortellesi, Giulietta Rebeggiani, Lorenza Indovina hingga Barbara Ronchi.

Festival Film Italia akan digelar mulai 5 Desember 2021 hingga 11 Desember 2021. Semua film pilihan di festival ini bisa disaksikan lewat platform MyMovies dengan teks Bahasa Inggris.

"Semoga tahun depan memungkinkan buat menyaksikan film-film lainnya di bioskop Indonesia," lanjut Maria.

[Gambas:Youtube]




(aay/mau)