ADVERTISEMENT

Disney's "Encanto": Sihir Disney Menuju Oscar

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 01 Des 2021 12:35 WIB
Film Encanto
Film Disney's Encanto berkesempatan melaju ke Oscar 2022. Dok. Disney
Jakarta -

Film animasi Disney's"Encanto"menuai pujian dari banyak media, bahkan mereka menyebutkan jika film tersebut bisa saja masuk dalam nominasi paling bergengsi Oscar, yakni Best Pictures, seperti yang pernah diraih oleh Beauty and the Beast pada 1991 lalu.

Hal itu mungkin tak terlalu sulit untuk diraih, mengingat tak banyak film yang dirilis pada tahun ini akibat pandemi COVID-19. Apalagi,Disney's "Encanto"memiliki sihir tersendiri yang membuatnya layak menjadi salah satu film terbaik yang dihasilkan oleh Walt Disney Animation Studios.

"Encanto"menyuguhkan hal berbeda dengan film animasi sebelum atau pun lainnya. Mereka tak hanya sekadar membahas kebaikan selalu menang melawan kejahatan saja, namun, bagaimana menyikapi perbedaan serta kelemahan justru bisa menjadi sumber kekuatan.

Konsep kekeluargaan yang diangkat dirasa sangat pas dengan situasi saat ini, di mana beberapa keluarga harus dihadapkan pada berbagai konflik karena harus melakukan kegiatan bersama dari rumah dan memiliki waktu bersama lebih lama, atau pun sebaliknya, yang terpisah jauh dari keluarga mereka.

Setiap karakter dalam film ini seolah memiliki pesan dan tujuan tersendiri, bukan hanya karakter utama saja. Beragam pesan-pesan menyentuh dapat terlontar tanpa disangka dan membuat kita tersentak (mungkin).

Gambar-gambar indah yang disajikan membuat nuansa magis dalam film animasi tersebut kian terasa. Apalagi, ditambah dengan deretan lagu indah dan menarik karya Lin-Manuel Miranda, yang menambah keceriaan suasana.

Disney's "Encanto"berkisah tentang keluarga Madrigal - sebuah keluarga yang tinggal di sebuah desa terpencil bernamaEncantodi Kolombia. Kisah keluarga spesial ini dimulai dari perjalanan sang nenek Abuela Alma (Maria Cecilia Botero), yang terjebak di daerah perbatasan saat sedang melakukan perjalanan bersama suami dan ketiga anaknya.

Peristiwa itu membunuh Pedro, suaminya. Namun, Abuela dan ketiga anaknya diselamatkan oleh sebuah kejaiban yang mereka temukan di daerah tersebut. Keajaiban Encanto kemudian hidup dalam keluarga Madrigal.

MEET THE MADRIGALS – Walt Disney Animation Studios' MEET THE MADRIGALS – Walt Disney Animation Studios' "Encanto" introduces the Madrigals, a compelling and complicated extended family who live in a wondrous and charmed place in the mountains of Colombia. Opening in the U.S. on Nov. 24, 2021, "Encanto" features the voices of (clockwise starting from center) Stephanie Beatriz as the only ordinary child in the Madrigal family; Ravi Cabot-Conyers, Rhenzy Feliz and Adassa as Mirabel's cousins Antonio, Camilo and Dolores, respectively; Mauro Castillo and Carolina Gaitan as Mirabel's uncle and aunt, Félix and Pepa; María Cecilia Botero as Mirabel's grandmother, Abuela Alma; Angie Cepeda and Wilmer Valderrama as Mirabel's parents, Julieta and Agustín; and Jessica Darrow and Diane Guererro as Mirabel's sisters Luisa and Isabela. © 2021 Disney. All Rights Reserved. Foto: Dok. Disney Indonesia

Setiap anggota keluarga Madrigal mendapatkan kekuatan spesial yang dapat mereka gunakan untuk membantu sesama. Seperti Julieta (Angie Cepeda), putri Abuela yang bisa mengobati luka fisik dan jiwa melalui masakannya. Tante Pepa (Carolina Gaitan) yang dapat mengendalikan cuaca dengan perasaannya.

Lalu ada Luisa (Jessica Darrow), sang cucu yang mempunyai kekuatan fisik super hingga Camilo (Rhenzy Feliz) yang bisa berubah menjadi siapa saja. Di antara mereka semua ada Mirabel (Stephanie Beatriz), cucu dan juga satu-satunya orang yang tak memiliki kekuatan spesial seperti lainnya.

Ia adalah sang protagonis yang hidup dengan penuh cinta dan suka, di mana tak pernah menghakimi orang lain dan selalu berusaha berkontribusi meskipun memiliki perbedaan dengan keluarganya. Konflik drama di film ini muncul saat satu persatu dari mereka mulai kehilangan kekuatan yang selama ini diandalkan dan dibanggakan.

Saat dihadapkan pada situasi kritis yang terancam, permasalahan mulai bermunculan. Salah satu yang paling disalahkan atas kejadian tersebut adalah Mirabel, yang dianggap sebagai penyebab hilangnya keajaiban Encanto. Lalu bagaimana mereka menyelesaikan masalah tersebut?

Disney's "Encanto" tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 24 November. Disutradarai oleh Jared Bush dan Byron Howard, film ini menghadirkan visual mendekati psikadelik hingga membuatnya berbeda dengan film Disney lainnya. Mereka seolah menetapkan standar baru dalam visual yang berbeda.



Simak Video "Pendapatan 'Encanto' di Pemutaran Perdana di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT