Ambisius! Disney Gelontorkan Rp 473,4 T Buat Produksi Film dan Series di 2022

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 26 Nov 2021 21:43 WIB
Disney Plus Hotstar
(Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Disney berencana menggunakan dana 33 miliar dolar (sekitar Rp 473,4 triliun) untuk produksi konten-konten di platform streaming tahun depan.
Jakarta -

Disney membocorkan rencananya untuk 2022. Media raksasa tersebut bakal menggelontorkan banyak uang untuk memproduksi konten streaming di 2022 termasuk film dan serial TV.

Dikutip dari NHL, Disney berencana menggunakan dana 33 miliar dolar (sekitar Rp 473,4 triliun) untuk produksi konten-konten di platform streaming tahun depan. Dana ini melonjak tinggi dari dana yang digunakan tahun lalu yaitu sebesar 25 miliar dolar. Dengan menambah jumlah budget produksi konten ini, Disney mengungguli budget Netflix di 2021 yang ada di angka 14 miliar dolar.

Budget sebesar itu bakal digunakan juga oleh Disney untuk menambah investasi di ranah olahraga. Salah satunya adalah buat hak siar acara-acara olahraga terkemuka salah satunya dengan National Hockey League (NHL).

Keputusan Disney buat menggelontorkan budget besar untuk konten-konten streaming di 2022 disebut-sebut lantaran lambatnya pertumbuhan pemasukan Disney lewat platform streaming miliknya. Di kuartal keempat 2021 ini misalnya, Disney hanya kedatangan 2,1 juta pelanggan yang merupakan angka terendah sejak Disney+ diluncurkan.

Angka tersebut tentu saja tetap menambah jumlah pelanggan Disney+ secara global yang kini sudah mencapai 120 juta pelanggan di seluruh dunia. Disney+ dengan cepat bergabung ke jajaran platform streaming dengan jumlah pelanggan besar seperti Netflix dan Amazon Prime.

Di luar budget besar Disney buat konten-kontennya di 2022, perusahaan yang membawahi sederet perusahaan film besar seperti Lucasfilm, Marvel Studios, Pixar, 20th Century Studios, dan Walt Disney Pictures itu berencana akan merilis 50 film tahun depan.

Dikutip dari Collider, Disney juga tengah mempersiapkan perilisan 60 serial tanpa naskah, 30 serial komedi, 25 serial drama, 15 serial dokumenter/serial terbatas, 10 serial animasi, dan 5 film televisi di bawah divisi General Entertainment yang berisi ABC, Disney TV Studios, FX Productions, dan National Geographic.

Tayangan Marvel Cinematic Universe jadi salah satu unggulan Disney di platform streaming Disney+ saat ini. Serial Hawkeye sudah tayang 2 episode sejak 24 November 2021 sebagai bagian dari fase 4 dari semesta Marvel. Dua film layar lebar MCU yang sebelumnya tayang di bioskop yaitu Black Widow dan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings kini juga sudah bisa disaksikan secara streaming.

Eternals jadi film terakhir MCU yang tayang di bioskop awal November lalu. Desember nanti film kolaborasi Disney/Marvel Studios dan Sony Pictures akan tayang yaitu Spider-Man: No Way Home.

(aay/wes)