Riri Riza Garap Film Kebudayaan

tim detikhot - detikHot
Rabu, 24 Nov 2021 14:50 WIB
Riri Riza
Riri Riza Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun ini tidak hanya disuguhkan dengan penampilan musisi, group band, penyanyi, budayawan, aktor melainkan sutradara ternama.

Salah satu program yang diusung di PKN adalah Ragam Budaya. Program ini merupakan variety show dan star jamming yang mengangkat potensi kearifan lokal dan kekayaan warisan budaya sandang, pangan, papan Nusantara.

Sejumlah sutradara terkenal mengambil peran dalam proses produksi Ragam Budaya, seperti Riri Riza (Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau), Hanung Bramantyo (Lingsir Wengi), Eugene Panji (Dulu x Hari Ini), Buyung Reza (Sumba Waingapu: Permata Dari Indonesia).

Selain itu ada juga Priagita Arianegara, Adrianto Sinaga, Robby Ertanto, Ismail Basbeth hingga Jay Subyakto. Mereka berkolaborasi dalam produksi pembukaan PKN 2021, Napas Jiwa, dan juga penutupan PKN 2021.

Riri Riza kali ini memproduksi film bertemakan budaya yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Riri Riza mengaku bangga karena telah dipercaya menggarap film tersebut. Begitu juga disambut baik di Solok Selatan. Menurut Riri, Saribu Rumah Gadang memiliki potensi wisata budaya yang potensial.

"Ini harus kita kembangkan karena memiliki banyak keunikan dan ciri khas tersendiri," ujar Riri Riza.

Sementara itu Ketua TP-PKK yang juga Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas, mengatakan masyarakat Solsel merasa bangga daerah mereka menjadi lokasi syuting film yang akan digarap Riri Riza.

"Terima kasih buat Mas Riri dan kru lainnya, serta pihak kementerian, yang telah memilih kawasan Saribu Rumah Gadang ini sebagai lokasi syuting film dalam rangka PKN ini," tegasnya.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (19/11/2021), dan akan berlangsung hingga 26 November 2021. Sejumlah musisi papan atas seperti Slank, Titi DJ, Reza Artamevia, Diskoria, Shine of Black, Godbless, Viky Sianipar, dan Voice of Baceprot terlibat di dalam kegiatan ini.



Simak Video "Rumah Jadul Riri Riza Disulap Jadi Tempat Kesenian di Makassar "
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)