Ini Alasan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Baru Tayang

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Kamis, 18 Nov 2021 18:52 WIB
Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas
Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas tayang di bioskop. Dok. Instagram
Jakarta -

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas telah melanglang-buana ke beragam festival-festival di luar negeri sebelum akhirnya ditayangkan di bioskop Tanah Air. Bahkan total ada 33 festival film yang disinggahin oleh film yang dibintangi Reza Rahadian dan Marthino Lio tersebut.

Hal itu pun disambut suka cita oleh para pemain dan juga produser film tersebut yakni Meiske Taurisia.

"Senang setelah rilis Agustus di Locarno dan keliling ke 33 festival film akhirnya filmnya kembali ke Tanah Air bertemu penontonnya. Semoga filmnya disambut baik oleh penonton dan respon positif ini semangat dibukanya bioskop, agar film Indonesia bisa bangkit lagi," tutur Meiske kala ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain itu ia pun menjelaskan alasan kenapa film tersebut lebih dulu berlari di kancah film festival dunia sebelum akhirnya tayang di Indonesia.

Menurutnya ajang tersebut menjadi sebuah ruang pameran yang sangat berharga bagi para sineas dan menjadi landasan yang kokoh jika harus bertarung kembali di kancah Internasional.

"Kenapa keliling di luar dulu sebenarnya karena festival itu adalah ruang ekshibisi. Seperti ke bioskop, melihat festival itu seperti ruang premiere. Film ini kenala ke festival karena saat mau ke sirkuit internasional kita bisa melewati festival," ungkapnya.

Sebelumnya film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas mendapat hadiah utama Golden Leopard di Locarno Film Festival. Jelang penayangannya di Indonesia, film tersebut juga menjadi pembuka Singapore International Film Festival pada 25 November 2021.

Sang Director of Photography Akiko Ashizawa juga memenangkan Best Cinematography di Seminci Valladolid International Film Festival 2021. Akiko juga tengah dinominasikan di Asia Pacific Screen Awards untuk kategori Achievement in Cinematography.

Tayang mulai 2 Desember 2021 di bioskop Indonesia, film tersebut diberi rating 17+ dari Lembaga Sensor Film.

Meski film ini diberi rating usia minimal 17 tahun, namun Palari Films dalam keterangan resminya mengimbau film ini untuk disaksikan oleh 18 tahun ke atas. Selain pengumuman tanggal tayang, film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas juga merilis poster versi penayangan bioskop Indonesia.

Film tersebut dibintangi oleh Marthino Lio, Ladya Cheryl, Reza Rahadian, Ratu Felisha, Sal Priadi, hingga Christine Hakim.



Simak Video "Salut! Film Indonesia Raih Penghargaan di Festival Locarno"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)